Cara Membuat Installer Repack Setup Berisi Insert To Disk - Nandea96
Artikel Terbaru
Loading...

Thursday, 19 September 2019

Cara Membuat Installer Repack Setup Berisi Insert To Disk


Hy Semua. lama tak berjumpa. meski lama tak bertemu tapi kali ini tenang saja. Dea akan selalu memposting artikel artikel yang bermanfaat untuk kalian.nah kali ini Dea mempunyai sebuah tutorial. tutorial kali ini sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin  memulai bisnis menjual Kaset PC GAME. sangat amat berguna. karena tanpa Cara ini. pc game yang kalian kemas akan susah untuk dijual. bagaimana tidak. ya tanpa sengaja kamu menyuruh mereka. para pembeli kaset PC Game kamu untuk memindahkan seluruh datanya kedalam partisi tanpa adanya installer yang kamu berikan.

Tentu Setup yang ingin Dea bagikan ini merupakan hasil persilangan dari Setup Repack BlackBox dan Setup Repack Corepack. jika masih ada kendala dalam progressbarnya/loadingnya. harap dimaklumi. karena memang pada dasarnya corepack desain yang dirancang oleh razor12911 memiliki kelemahan tersebut. dan Dea pun belum bisa memperbaikinya. akan tetapi sudah Dea tambahkan Insert To Disk para program ini. dan juga beberapa fasilitas pendukung lainnya. tidak sabar? maka. ikutilah langkah langkah dibawah ini dengan seksama..

Sebelum melangkah ke langkah yang lebih jauh. adabaiknya kamu harus mendownload dulu 2 files yang sudah dea berikan dibawah ini.

Download :

FreeArc
| Google Drive | (7.57 MB)

ITDisk_Installer 
| Google Drive | (17.93 MB)

Password : www.nandea96.com (Tanpa Spasi Tanpa Huruf Kapital

Cara Menginstall :

  • Extract Files Yang sudah kamu download tersebut
  • Disini. Install FreeArc Terlebih Dahulu. (jika ada masalah dengan context menu atau ketika click kanan tidak muncul icon FreeArc seperti WinRAR. maka coba lihat tutorial ini dulu)
  • Jika sudah selesai maka Extract Lah "ITDisk_Intaller".
  • Jika sudah bisa maka bukalah file hasil extract "ITDisk_Installer"
  • Disini Jalankan "WindowsPhone" dengan cara click kanan lalu pilih "Open With"
  • Disini pilih "Choose Another APP" lalu click tombol "More Apps" Atau Aplikasi Lainnya". maka akan terbuka sebuah list aplikasi software. jangan lupa centang "Always Use This App To Open. This .iss Files"
  • Setelah itu Scroll Kebawah hingga kamu menemukan sebuah tulisan "Look For Another App From This PC" Atau "Carilah Aplikasi Lainnya Pada Laptop/Komputer ini"
  • Click tulisan tersebut. maka akan muncul kotak tabel pencarian. disini pergilah ke folder "Inno Setup 5" Yang Sudah dea sisipkan pada Folder "ITDisk_Installer" tersebut.
  • Lalu click sekali pada aplikasi "Compil32" dan setelah aplikasi yang bersangkutan terblock. maka click tombol "Open". dan kamu akan dibawa ke arena coding.
  • Nah sekarang Editlah WindowsPhone Tersebut. Yang bisa diedit hanya [Installer] [Theme] [Execs] [Redist]

Apa Yang Harus Dimodifikasi :

  • yang dapat diedit pada WindowsPhone hanya [Installer] [Theme] [Execs] [Redist]. dan itupun hanya tulisan hitamnya (Tulisan hijau hanya sebagai penunjuk arah).

  • Sekarang kita menuju keluar. disini ada files "Archives.ini".  dan bukalah files notepad tersebut. maka ada baris tulisan seperti ini :

    if not ShowChangeDiskWindow ('Please Insert Disk 1 To Continue...', ExpandConstant('{src}'),'data1.bin') then break;
    if not ISArcExtract ( 0, 50, ExpandConstant('{src}\data1.bin'), ExpandConstant('{app}'), '', false, '', ExpandConstant('{tmp}\arc.ini'), ExpandConstant('{app}'), False) then break;
    if not ShowChangeDiskWindow ('Please Insert Disk 2 To Continue...', ExpandConstant('{src}'),'data2.bin') then break;
    if not ISArcExtract ( 0, 50, ExpandConstant('{src}\data2.bin'), ExpandConstant('{app}'), '', false, '', ExpandConstant('{tmp}\arc.ini'), ExpandConstant('{app}'), False) then break;
    //if not ISArcExtract ( 0, 50, ExpandConstant('{src}\data2.bin'), ExpandConstant('{app}'), '', false, '', ExpandConstant('{tmp}\arc.ini'), ExpandConstant('{app}'), False) then break;
    //if not IS7ZipExtract   ( 0, 100, ExpandConstant('{src}\Setup-1.bin'), ExpandConstant('{app}'), false, '') then break;
    //if not ISRarExtract    ( 0, 100, ExpandConstant('{src}\Setup-1.bin'), ExpandConstant('{app}'), false, '') then break;
  • Ganti kedua tulisan "data1.bin" tersebut menjadi setup-1.bin atau terserah kamu. sesuai dengan nama files bin yang sudah kamu buat pada freeArc.

  • Diatas sini ada 2 baris "if not ShowChangeDiskWindow" merupakan dimana fungsi ini akan memunculkan kotak tabel "Please Insert To Disk 1 To Continue"dan "if not ISArcExtract" akan melakukan fungsi peng'ekstrakan. jadi ada 2 baris untuk 1 files. "0, 50," itu merupakan progressbar atau loading bar pada saat ekstrak. sebisa mungkin. jika kamu mempunyai 2 files maka kamu harus membaginya menjadi "0, 50," untuk 1 files dan "0, 50," lagi untuk satu files lainnya. jadinya Bisa 100%. atau jika punya 4 files bagaimana? ya isikan saja "0, 25," untuk 1 files. jadinya 100% juga ketika progressbarnya loading. agar progressbar atau loading ketika sudah sampai penuh terisi. masih saja tahap peng-ekstrak'an.. jadi isikan angka yang paling besar jika file tersebut 10gb.tahap pembagiannya setidaknya lebih banyak. dan agar files tidak corrupt juga jika di unpack secara cepat.

  • Jika sudah semua maka sekarang kamu dapat menyimpannya atau meng-save nya. di menu "File" lalu pilih "Save". jangan di "Save As" atau "Simpan Sebagai". itu artinya kamu malah membuat file "archives.iniyang baru dan bukannya di save file yang sudah ada.

  • Ada Folder "Resource". folder tersebut merupakan folder yang penting. jangan dihapus karena disana ada pembentukan files FreeArc. jadi systemnya. kamu tidak perlu meminta klien untuk menginstall FreeArc terlebih dahulu layaknya WinRAR. justru klien langsung bisa Ekstrak file gamenya langsung dari dvd atau bisa dikatakan install langsung. tanpa harus memindahkan files seperti WinRAR yang notabene kamu dipaksa memindahkan files besar ke DVD Klien baru di ekstrak di DVD Klien. jadinya pekerjaan klien double.

  • Pada Folder "Graphic". pergilah ke folder "Images" dan Gantilah Foto "Setup1" dengan gambar game yang sudah kamu siapkan. Usahakan Format dan ukuran/size tidak berbeda. jika berbeda maka WindowsPhone akan bingung mencari dan pada akhirnya Error ketika pada tahap Compile. Itu dikarenakan pada WindowsPhone. Code yang sudah terstruktur tersebut ialah "JPG". bukan "PNG" maupun "BMP". untuk ukuran. pas atau edit saja cover yang sudah kamu miliki sesuai ukurannya dengan gambar "Setup1". samakan juga namanya menjadi "Setup1". jika tidak. ya error juga kalau gambar yang kamu attach memiliki nama yang berbeda. Diluar Folder "Images" ada folder "Tiles". folder ini tidak begitu berguna karena fiturnya sudah dea matikan. ini akan memperlambat kinerja setup.  

  • ada juga Icon. kamu juga dapat mengubah Icon tersebut dan tentu saja harus sesuai format dan Nama yang sama dengan yang aslinya. jika sudah sama. maka hapus yang aslinya. dan pindahkan icon buatanmu ke tempat itu.

  • Nah setiap kamu melakukan suatu perubahan. maka masuklah ke file "WindowsPhone" lalu click symbol disket tersebut (atau tekan CTRL + S). lalu click menu "Build" Dan pilih "Compile". Compile Bertujuan untuk menggabungkan seluruh files yang ada pada folder diluar. maupun didalam yang sudah terstruktur pada WindowsPhone menjadi Setup atau aplikasi Installer yang diapat dipakai untuk menjalankan atau mengekstrak data game nantinya yaitu dapat mengekstrak file bin yang sudah kamu buat pada FreeArc tersebut.

  • Dan Hasil dari seluruh files yang telah sukses digabung/Compile tersebut. akan ditempatkan pada folder "Output".


Sebenarnnya Cara Diatas Cukup Simple. Jika kamu ingin membuat sebuah watermark yang ingin orang-orang lain mengenang daganganmu atau ingin mereka merasa familiar denganmu. tentu installer ini sangat bermanfaat dan kelebihan dari installer ini ialah. kamu dapat menggunakan fitur Insert To Disk 1/2/3 dan seterusnya. asalkan kamu tau cara pembagian angka pada loading progress agar tidak disangka error atau ngebug oleh klien nanti.

Share with your friends

26 comments

  1. Ka mau nanya kalau saya mau buat setup game tanpa repack bagaimana ya ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama-tama kamu harus mendownload software FreeArc yang Dea berikan diatas. jika sudah maka install.
      yang kedua. silahkan pilih salah satu file/banyak file di select satu persatu/all juga boleh.. yang ingin di compress.
      jika sudah maka click kanan salah satu file tersebut dan pilih seperti gambar pada link dibawah ini :

      https://1.bp.blogspot.com/-RAb6nr1DSHI/XbBzLXGuveI/AAAAAAAAAng/MJdCbsfA--sLFI7vZq4Ct8Nu4NCtpYjEQCLcBGAsYHQ/s1600/1.png

      usahakan untuk selalu mengeclick "Add to Archive.." untuk melakukan mode compress..

      maka akan muncul seperti gambar pada url dibawah ini :

      https://1.bp.blogspot.com/-aMd22xT1HCU/XbBzLnHhjvI/AAAAAAAAAno/j5hzmHr6s3cxO96Hdjv1uAlePlutd0AWwCLcBGAsYHQ/s1600/2.png

      digambar tersebut. pilihlah menu "Compression" dan pilih type "No Compression: -m0"

      jika sudah kembali ke menu "Main". disana ada "Input Archives"
      isikan Nama file yang ingin dikompress tersebut pada kolom "Input Archives"

      https://1.bp.blogspot.com/-DzQGTBxvhiI/XbBzLrTgCvI/AAAAAAAAAnk/NY1aRSay6IEcFKt_8D6J8zc2RajCc36UwCLcBGAsYHQ/s1600/3.png

      Ingat. selalu menggunakan ekstensi/format file ".bin" tanpa tanda petik. pada "Input Archives"

      jika sudah maka click "OK".

      kalau "repack" itu mengompres ke size kecil dengan dipaksa. tentu GPU pada komputer/laptop kamu akan bekerja secara keras.

      Delete
    2. maaf ya ga bisa attach link.. :) ditulis aja linknya

      Delete
    3. Terimakasih ka infonya :)

      Delete
  2. Ka mohon bantuannya kalo saya pake setup DiskSpanning,DiskSliceSize dll untuk pembagian setup-1.bin sampai seterusnya, kenapa saat bagian install terakhir muncul "ERROR : This is not FreeArc archive or this archive is corrupt"

    😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu membuat selain setup-1.bin nya di inno setup apa di "Archives.ini" ?
      kalau di "Inno Setup" di scriptnya.. itu tidak perlu. tambahkan saja di script "Archives.ini". btw. file script "Archives.ini" itu notepad. itu sudah dea masukin di folder repack setupnya..
      itu engga nempel langsung ke script utama windows phone. jadi via notepad dari luar. tapi tentu harus di compile juga jika ada perubahan..

      tambahkan dibawah setelah Setup-1.bin nya.. jadi setup-2.bin. jadinya gini..

      if not ShowChangeDiskWindow ('Please Insert Disk To Continue...', ExpandConstant('{src}'),'setup-1.bin') then break;
      if not ISArcExtract ( 0, 50, ExpandConstant('{src}\setup-1.bin'), ExpandConstant('{app}'), '', false, '', ExpandConstant('{tmp}\arc.ini'), ExpandConstant('{app}'), False) then break;
      if not ShowChangeDiskWindow ('Please Insert Disk 2 To Continue...', ExpandConstant('{src}'),'setup-2.bin') then break;
      if not ISArcExtract ( 0, 50, ExpandConstant('{src}\setup-2.bin'), ExpandConstant('{app}'), '', false, '', ExpandConstant('{tmp}\arc.ini'), ExpandConstant('{app}'), False) then break;

      berurutan..dan pastikan nama file .bin nya itu sama seperti di "Archives.ini" misalnya di "Archives.ini" itu tulisannya setup-1.bin , maka ubahlah data1.bin menjadi setup-1.bin . dan seterusnya.. samakan di script "Archives.ini"

      untuk pembagian membuat setup-1.bin atau setup-2.bin biar dalam 1 folder tidak terpisah.. itu nanti akan dea jelaskan :). jadi systemnya itu seperti install game. secara utuh.. dimanapun folder utamanya. folder lainnya kaan mengikuti dan akan menempati sesuai dengan tempat dimana sudah disetting folder tersebut oleh si developer game.. jika foldernya berada diluar.. tentu gamennya bakal error karena tidak ada folder tersebut didalam folder data gamenya (maaf jika ini membuat kamu bingung)

      tapi untuk metode diskspanning,DiskSliceSize itu. sepertinya sudah otomatis ada pada scirtpnya. Dea memakai cara manual.

      Delete
    2. Saya buat setup di inno ka, menggunakan setup DiskSpanning dan DiskSliceSize, tadinya untuk tujuan file game bisa langsung ke split menjadi beberapa disk contoh : Setup-1.bin dan seterusnya, kalo pake setup di inno kan langsung otomatis terbagi menjadi beberapa Setup.bin sesuai size yang di tentukan, tapi setelah compile selesai dan saya menjalankan setupnya pada bagian instalasi terakhir ada ERROR, dan kalau menggunakan FreeArc saya belum tahu cara split folder game nya agar menjadi Setup-1.bin, Setup-2.bin dan seterusnya. Untuk archives saya sudah ganti dan edit ka, jadi intinya saya ingin tau cara membagi folder game menjadi beberapa .BIN tapi tanpa compress Datanya

      Delete
    3. Hehe. Itu tidak akan berhasil. Harus memakai freearc untuk membuatnya. Jika masih bingung. Dea sudah membuat video tutorialnya. Kamu bisa ikuti cara yang dea berikan. Ingat untuk membesarkan volumenya dan juga pilih resolusi paling bagus agar terlihat dan tergengar apa yang dea berikan.. Click Disini

      Jika masih ragu dan belum mengerti kamu bisa komen disini :)

      Delete
    4. Tenang saja.. FreeArc tidak sama seperti winrar/hjsplit yng mana pengguna/customer yang ingin membuka file yang bersangkutan harus menginstall software compress seperti diatas untuk bisa menjalankannya/menggabungkannya.. Customer yang tidak punya software FreeArc pun dapat menginstall gamenya. Karena pada setup sudah diberikan decompress file Arc.. Itu yang dea berikan caranya diatas. Tanpa no compression ya.. Ga ada proses mengkompressi sampai size datanya itu ketekan/flat jadi kecil.. NO!! Size datanya masih utuh. Hanya dibalut saja..

      Delete
    5. Oke ka terimakasih intinya harus manual ya

      Delete
    6. iya. harus manual.. Sama - Sama :)

      Delete
  3. Kak ,mau nanya apakah dengan FreeArc kita bisa lgsg membagi game menjadi beberapa file ".bin" dengan size sama ( misalkan se-size DVD-R yaitu 4,7GB) ,Apakah ada cara tertentu di FreeArc agar bisa membagi spt itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh tidak bisa, sampai saat ini masih belum ditemukan cara yang dapat mensplit file dengan size sama seperti winrar/7-zip.. kalau systemnya winrar itu dia itu membelah. jadi ada 1 file dan filenya itu dipecah lagi. yang mana jika ingin mengcompress harus menyatukan seluruh part tsb kedalam sebuah folder..

      bayangkan jika system tersebut diadopsi oleh FreeArc. mungkin kamu tidak akan dapat menggunakan cd/dvd..

      karena pada dasarnya file yang sudah terpecah harus disatukan kembali kedalam 1 folder yang sama..

      sedangkan kamu ingin menjual daganganmu/membuat sebuah installer dari cd/dvd.. sangat mustahil.. yang mana alih alih harus disatukan. kamu mau tidak mau harus mengganti cd/dvd tsb ke part 2. jadinya file hasil ekstrak yang pertama tidak akan bekerja..

      susah menjelaskannya karena kamu bisa melihatnya sendiri cara winrar yang sudah
      terpecah menjadi part1. part2. dan seterusnya... jika kamu gabungkan.
      pasti kamu mau tidak mau harus menyatukan semuanya kedalam 1 folder baru
      di ekstrak...

      https://www.youtube.com/watch?v=d_MR1I-4D_I&t=138s

      Delete
  4. Kak kan diatas baru dijelaskan membuat setup.exe nya, nah terus membuat file data1.bin /setup-1.binnya bijimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya kamu harus mengedit files" Archive.ini" terlebih dahulu.
      Disana ada Symbol "//" tanpa tanda petik. Itu merupakan line yang memang dinonaktifkan jadi memang jangan di hilangkan Symbol tersebut. Sebaliknya. Copy kalimat pada baris 1 dan 2. Lalu ubah Please Insert Disk 1 yang sudah di copy itu. ganti dan buatlah menjadi angka 2. Lalu nama setupnya ganti menjadi setup-2.bin. Dan seterusnya.
      Nah disana ada angka 50%. Itu menunjukan progressbar. Kamu dapat jumlahkan saja agar bisa menjadi 100% total keseluruhannya. Masing-masing dapat kamu beri asalkan total keseluruhannya tidak melebihi 100%.



      Jika sudah di setting. Barulah untuk membuat setup-1.bin dan seterusnya itu Dari FreeArc. Usahakan nama file bin yang dibuat sama dengan nama pada "Archives.ini". Karena otomatis ketika setup-2.bin tidak ada pada 1 room/folder yang sama. Maka akan ada pemberitahuan untuk mencarinya.

      Dan trik agar dapat membuat setup-1.bin dan seterusnya itu bisa kamu tonton pada Video <a href="https://youtu.be/d_MR1I-4D_I>INI</a> terlebih dahulu agar kamu paham bagaimana cara agar menjadi beberapa bagian. Karena system split otomatis seperti winrar itu memang tidak dapat digunakan pada FreeArc. System split winrar itu jika dipakai dan di burn dengan CD. Ditakutkan akan error. Karena itu System split data pada winrar dimana 1 files terbelah menjadi 2 keping. Jika metode dea sendiri itu memakai System cut data dimana ada 2 files. Akan tetapi satunya itu di potong (cut). Jadi 1 files yang dipotong itu masih utuh.

      Delete
  5. Replies
    1. it disk installer dan freearc

      Delete
    2. Untuk passwordnya :

      www.nandea96.com

      Tanpa spasi tanpa huruf besae

      Delete
    3. Ada video tutor cara penginstalan nya ? Di artikel saya kurang mengerti soalnya

      Delete
    4. Untuk cara Install ya sebenarnya dnagat mudah gan.

      1. Install Free Arc yang agan download tsb terlebih dahulu.
      2. Jika sudah maka buka/Extract lah ITDisk_Installer nya.
      3. Jika sudah maka bukalah file "WindowsPhone.Iss" tersebut dengan cara Click kanan lalu pilih "Open With". Disini pilih "Choose Another Program/App"
      4. Jika sudah. Maka Click sekali lagi "More Apps/Program". Nanti biasanya akan muncul tabel pencarian aplikasi.
      5. Disini pergi dan buka folder "Inno Setup 5" yang sudah dea sisipkan pada ITDisk_Installer tersebut.
      6. Pilih "Compil32"
      7. Jika sudah Click tombol "Open"

      Enjoy. Maka Windowsphone.iss bisa dimodifikasi.

      Untuk format video tata caranya dea tidak menyertakannya karena cara Installnya simple. Jika masih belum mengerti dibaca dan dipahami dulu.. 😉🙏

      Delete
    5. stuck sampai no 3, hanya ada open ga ada open with :D.

      windows 7 saya kak hehe

      Delete
    6. Tak ada open with?
      Heem aneh. biasanya file yang tidak dikenal pasti akan terlihat menu "Open With/Buka dengan.." pada context Menu. Entah win 10 dan win 7 itu memilikinya ketika mengeclick files dengan Click kanan.

      Jika di Click Open Apakah terlihat tabel pencarian aplikasi yng bersangkutan?

      Jika masih tidak bisa. Cara satu satunya buka files dengan nama "compil32" yang ada didalam folder Inno Setup 5 yang sudah dea berikan.. Jika sudah maka bukalah file "Windows Phone.iss" dari dalam Software "Compil32" yang sudah kamu buka tersebut (buka files dari dalam Software) dengan memilih "Open" menu

      Delete
    7. Thanks kak udah work , itu edit setupnya ya. Tutor cara buat file.bin trus dimasukan di kaset donk hehe contoh file 8gb insert disk 1 + 2 .

      Terimakasih kak cantik

      Delete
    8. Sama-sama mas ganteng
      Iya mas. Itu files editing setupnya. Nanti bisa di setting sesuai data game yang mas miliki.

      Untuk tutorial pembuatan file bin itu. Mas bisa ke link ini

      Delete

Selamat Datang Di Website Nandea96
Mohon untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih serta sabun setiap 15 menit sekali agar terhindar dari covid-19 dan penyakit lainnya seperti diare. selalu gunakan masker ketika berpergian kemanapun 😷. meskipun itu hanya berbelanja sekitar 0.1 km atau ke tetangga. hindari kontak fisik dan beri jarak sekitar 2 meter dari jarak tempat kita berdiri dengan seseorang agar tidak memunculkan klaster baru yang tidak di-inginkan.

-Terimakasih 🙏-
Done