Mengatasi Masalah Windows Cannot Be Installed To This Disk 0 Partittion 1/2/3 - Nandea96
Artikel Terbaru
Loading...

Monday, 8 July 2019

Mengatasi Masalah Windows Cannot Be Installed To This Disk 0 Partittion 1/2/3



Hy Semua bertemu lagi dengan Dea. Dea harap kalian semua yang membaca postingan ini atau yang lagi berkunjung pada blog Dea diberikan kesehatan serta keselamatan :). nah Dea kali ini akan membahas sebuah masalah yang sering kali kita temui pada saat menginstall ulang sebuah windows. betul sekali. masalah ini sangat jarang terjadi pada laptop/komputer yang ingin menginstall ulang akan tetapi bukan tidak mungkin masalah ini masih tetap ada pada laptop/komputer yang melakukan install ulang (upgrade ke windows terbaru) ataupun downgrade. nah cara untuk mengatasi masalah Windows Cannot Be Installed To This Disk 0 Partittion  sangat simple sekali. Bagaimanakah Caranya? yuk kita lihat langkah - langkahnya dibawah ini.


Step By Step :

  • Sebaiknya semua data penting sudah kalian backup terlebih dahulu. jika tidak silahkan di backup (sangat direkomendasikan).
  • Jika sudah maka pergi ke proses installasi lagi.
  • Jika kalian sudah berada diawal saat menginstall ulang windows seperti pada gambar dibawah ini maka tekan tombol "SHIFT + F10".

  • Pada saat muncul sebuah cmd/command prompt. ketikan "DISKPART" untuk memerintahkan disk yang akan dimunculkan lalu tekan enter.
  • Kemudian ketikan "ListDisk" dan tekan enter untuk memunculkan list dari disk tersebut.
  • Lalu ketik "Select Disk 0". select disk 0 berfungsi untuk mengselect/memblock seluruh disk yang ada pada windows atau dapat dikatakan disk 0 merupakan ibu dari disk 1/2
  • Ketik lagi "Clean" untuk membersihkan/Format semua data pada Data D/C.
  • Maka langkah terkahir ialah "convert gpt/convert mbr" sesuaikan apa yang dikatakan di peringatan yang tidak dapat di install ulang tadi.
  • Jika sudah. maka coba lanjutkan untuk  menginstall data windows/install ulang pada disk tersebut. jika sekarang dapat di install ulang maka selamat.

Kalian sudah menerapkan convert mbr ke gpt atau gpt ke mbr seperti cara diatas. akan tetapi kalian masih saja tidak dapat install ulang pada laptop/komputer kalian. dan masih muncul tulisan Windows Cannot Be Installed To This Disk 0 Partittion 1/2/3. Lalu Apakah Penyebabnya dan bagamana cara mengatasinya?. Perhatikan langkah - langkah dibawah ini dengan seksama.


Step By Step #2 :

  • Keluarlah dari mode install ulang windows terlebih dahulu. karena disana kalian tidak dapat berbuat apa - apa.
  • Masuklah ke mode Bios karena pada bios saja kita dapat memperbaiki system/background software yang rusak.
  • Lalu pergilah ke menu "BOOT"
  • Jika sudah kalian akan melihat flashdisk yang kalian gunakan untuk install ulang dan daftar drive lainnya. disini letak permasalahanya. jika letak flashdisk install ulang yang seharusnya berada diatas atau paling atas. "UEFI Flashdisk Drive" menjadi dibawah. maka pindahkan terlebih dahulu agar letaknya paling atas berada di urutan no.1 dan disusul dengan "Flashdisk Drive" jika ada pada Bagian Boot Option.
  • Setelah semua dirasa cukup benar maka tekan tombol "F10" dan click "OK" untuk keluar.

Pada saat mengubah mbr ke gpt atau gpt ke mbr tersebut. data yang ada pada semua disk akan terhapus dan seperti baru. apakah ada cara lain agar tidak dapat dihapus? sebenarnya tidak jika dari CMD sendiri. akan tetapi jika dilihat dari Desktop atau masuk ke windows normal seperti baisa. maka ada caranya. yaitu menggunakan bantuan software untuk mengubah mbr ke gpt atau gpt ke mbr. dan cara tersebut tergolong rumit karena sebagian besar memanfaatkan BIOS untuk mengaktifkannya seperti pada langkah ke #2 yang Dea berikan tersebut. dan jika pada saat kalian telah selesai menginstall ulang dan ia tidak mau ke normal atau masuk ke system/desktop atau bisa dibilang ia terus menerus ke mode penginstall ulang. maka lakukan langkah ke #2 tersebut. buat "Windows Boot Manager" kembali ke posisi semula yaitu posisi paling pertama dan harddisk ke posisi ke dua. dan jika ingin cara simple agar semua kembali ke posisi semula. maka pilih opsi "Restore Default" tepat diatasnya.


Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang Di Website Nandea96
Mohon untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih serta sabun setiap 15 menit sekali agar terhindar dari covid-19 dan penyakit lainnya seperti diare. selalu gunakan masker ketika berpergian kemanapun 😷. meskipun itu hanya berbelanja sekitar 0.1 km atau ke tetangga. hindari kontak fisik dan beri jarak sekitar 2 meter dari jarak tempat kita berdiri dengan seseorang agar tidak memunculkan klaster baru yang tidak di-inginkan.

-Terimakasih 🙏-
Done