Tips Mencegah Penipuan Berkedok Ambil Dana Di ATM - Nandea96
Artikel Terbaru
Loading...

Monday, 8 July 2019

Tips Mencegah Penipuan Berkedok Ambil Dana Di ATM



Hy Semua bertemu lagi dengan Dea. Dea harap kalian semua baik baik saja. bagi yang baru berkunjung di blog ini ataupun yang membaca postingan ini. baiklah. apakah ada yang pernah tertipu? ya mungkin tertipu dengan teman atau saudara. akan tetapi kali ini pengalaman yang Dea dapatkan berbeda dari baisanya. baru baru ini Dea mendapatkan sebuah kesialan dimana Dea tertipu oleh sebuah rujukan yang mana membawa Dea ke lubang buaya.


Awal kejadian :

sebelumnya Dea pernah menjual beberapa alat elektronik dan sebenarnya barang - barang tersebut direncanakan dijual di dalam kota saja. waktu semakin lama. dan bahkan satu orang pun yang berada didalam kota tidak merespon atau ingin membeli. sampai saat itu Dea masih menunggu hingga pada akhirnya seseorang yang diduga berada dari luar kota ingin membeli alat elektronik tersebut.

Si Pelaku : " Gan. barangnya masih ada?. ane minat gan"
Dea : "Masih Gan" 

dan pada saat itu Dea tidak berpikir panjang dan langsung membalasnya dengan cepat. akan tetapi Dea takut pada waktu itu karena seseorang tersebut tidak akan merespon karena dia mengirim pesan pada tanggal 8 agustus dan baru Dea balas pada tanggal 12 agustus. disana Dea merasa sedih. keesokan harinya Dea melihat sebuah pesan text yang masuk. Dea tidak menyangka dia membalasnya dan berniat membelinya.

Si Pelaku : "Ane Minat Gan"
Dea:"Ok Gan. Asli Mana?" 

kemudian Dea lalu menannyakan dimana dia tinggal. ia menjawab ia tinggal di makassar. yang pada waktu itu Dea langsung mempercayainya.

Si Pelaku : "Bisa dikirim kan?"
Dea: "Bisa Gan"
Si Pelaku : "Itu Ada Kurangnya? Mulus gak?"
Dea: " Gak Ada Gan/ Masih Mulus Gan. Gimana?"
Si Pelaku : "Oke Gan Saya Ambil itu Bisa Dikirimkan"

ia lalu memberikan alamat serta identitas seakan ia memang berniat untuk membelinya. tanpa ambil pusing Dea lalu mempacking barang tersebut dan langsung ingin mengirimnya akan tetapi sebelum dikirim. Dea meminta seseorang tersebut mentransfer uang terlebih dahulu ke rekening bank mandiri milik Dea . agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Dea : "Gan Ini sudah ane packing tinggal mau dikirim aja. sebelum kirim agan transfer dulu uangnya ke no rekening ini...jangan lupa untuk mengirim bukti pembayarannya langsung"
Si Pelaku : "iya silahkan gan. ok gan ane mau transfer uang terlebih dahulu tunggu ane ya gan"

dan pada saat itu seseorang tersebut sangat lama sekali mentransfer uangnya. dan membuat Dea curiga akan hal itu.

Si Pelaku : (Bukti Pembayaran)
Dea : "Ok Gan Ane kirimkan Lewat Kurir"

Setelah sudah siap dikirim keluar kota. dan sudah di tampung oleh pihak kurir. tiba - tiba seseorang tersebut menyuruh Dea pergi ke ATM untuk mengambil dana yang sudah di cairkan. dikarenakan ia mentransfer lewat Dana E-cash.  ia mengatakan juga bahwa ia takut jika dananya salah atau belum cair dan ingin mengajak ke ATM untuk mengambil dana e-cash. dan pada waktu itu Dea tidak dapat ke ATM karena memang rekening yang Dea pakai itu merupakan rekening saudara.

Dea : "Gan dana e-cash tidak masuk ke rekening"
Si Pelaku : "Ok Gan. sini ane bantu. agan pergi ke ATM dulu"
Dea : "ngapain ke ATM gan?"
Si Pelaku : "Untuk mencairkan dananya gan. dananya masih belum dicairkan"
Dea : "Masalahnya saya gak bisa sekarang. soalnya ATMnya saudara saya yang bawa"
Si Pelaku : "Oh Gitu. terus gimana gan?"
Dea : "Besok Aja Gan Ane Hubungi kalau sudah di ATM"
Si Pelaku : "Iya gan"

Saat ingin mengecheck ATM bank mandri. tiba - tiba akun rekening entah kenapa terblokir. saudara yang waktu itu masih belum menyadari dan Dea juga menganggap akun rekening tersebut mungkin terblokir karena memang tidak pernah dibuka. akan tetapi saat pergi ke Bank Mandiri dan bertanya langsung kepada CS Mandiri kami baru menyadari bahwa Dea tertipu.
Tidak berpikir panjang. Dea langsung pergi ke tempat kurir dimana mengirim barang tersebut lalu menariknya. dan untungya barang tersebut masih berada dipusat dan belum keluar dari daerah/kota/pulau. setelah mengetahui kejadian itu Dea tak menyangka tertipu oleh seseorang. Dea mencoba bertanya kepadanya bahwa dana belum memasuk di ATM. dan dia sangat memaksa Duah pergi ke ATM Mandiri untuk menarik dana e-cash miliknya. Dea lalu bertanya terus bahwa Dana belum masuk rekening. ia juga menjelaskan bahwa dana tersebut dapat di cairkan. ia terus menerus menelepon Dea untuk membantu mencairkan dana di atm. seakan aksi yang ia lancarkan itu memang benar benar membantu. tapi itu sia - sia. pada saat Dea mengatakan kata - kata kasar dan ingin melacak ip nya. disitu ia memang benar - benar penipu. dia juga terpancing dan membalas dengan kata kasar dan meninggalkan chatting tersebut yang mana dia mengganti nomor hp. dia juga memberikan alamat palsu yang mana ia memberikan alamat dimakassar.

Dea  : "Gan Dananya Masih Tidak Masuk Rekening nih gimana?"
Si Pelaku : "Makanya. saya bilang saya bantu agan untuk cairkan dana tersebut"
Dea : "Gimana Caranya?"
Si Pelaku : "Pokoknya agan pergi ke ATM mandiri terdekat dan ane bakal bantu"
Dea : "Ok. Gan"
Dea : "Gan. gimana ini masih belum masuk."
Si Pelaku : "Sudah saya bilang. pergi ke ATM dulu baru saya bantu"
Dea: "Kok Agan Memaksa pengen banget saya pergi ke ATM?"
Si Pelaku : "(menelepon Dea!)"
Si Pelaku : "(menelepon Dea!(2))"
Si Pelaku : "(menelepon Dea!(3))"
Si Pelaku : "(menelepon Dea!(4))"
Si Pelaku : "Diangkat Gan. Agan Kira saya penipu?. Agan bisa check sendiri kebenarnya"
Dea : "Emang Agan Penipu"
Si Pelaku : "Agan Bisa check sendiri kebenarannya. agan pergi Ke ATM nanti saya bantu"
Dea : "Kenapa Agan Masih Memaksa pengen banget saya pergi ke ATM?"
Si Pelaku : "Nanti  akan saya bantu gan"

Ia terus menerus menelepon Dea seakan ia SKSD (Sok Kenal Sok Dekat). Dea takut juga karena bisa saja ia dapat menghipnotis meski melewati smartphone maka dari  itu Dea tidak mengangkatnya. dan terus meladeni si tukang tipu tersebut.

Bagaimanakah Cara mengatasi hal - hal seperti diatas? bagi yang awam atau kurang paham?
NahTepat dibawah ini Dea akan menjelaskan cara mencegah beserta ciri - ciri seseorang tersebut penipu apa bukan.


Cara Mencegah #Penjual :

  • Pastikan kalian bagi penjual untuk mengecheck rekening terlebih dahulu setelah bukti transfer di terima.
  • Jika pada saat masuk tiba - tiba mengalami gagal memasukan pin atau sebagainya. yang mana menghambat untuk masuk bahkan tidak pernah kejadian seperti ini. segera pergi ke bank untuk melakukan recovery akun rek.
  • Jika kalian menemukan kode OTP yang tertulis pada dana e-cash. maka jangan mudah percaya. karena kode otp tersebut merupakan kode sandi pemilik si pelaku. dana e-cash tidak memberlakukan sistem kode otp Terutama pada Bank Mandiri.
  

 (100% palsu)

(100 % Asli No OTP Code Needed)


  • Jika pelaku tiba -tiba cepat membalas SMS maka patut dicurigai. karena sang pelaku selalu mengawasi agar aksinya berjalan sempurna.
  • Jika sang pelaku atau seseorang memberikan identitas seperti kartu ktp atau sebagainya. jangan mudah percaya. karena orang yang sering atau baru belanja di dunia online tidak akan membeberkan bukti identitas ktp mereka (mungkin sebagian) dan biasanya ktp atau identitas tersebut ia dapat dari ktp expired atau sudah lama mati. entah ia mendapatkannya di rongsokan atau di berikan oleh temannya.
  • Dan jangan sekali kali untuk mengirimkan barang sebelum dana masuk ke rekening. entah itu e-cash atau lainya. karena pada dasarnya jika ditransfer lewat rekening seharusnya masuk lewat rekening. bukan dicairkan terlebih dahulu atau ini itu.
  • Berdoalah agar sang pelaku diberikan hidayah atau bertaubat atas apa yang ia lakukan.
  • Jika kalian terkena hal - hal diatas. maka anggap saja hari itu kalian terkena troll atau prank.


 Cara mencegah #Pembeli :

  • Pastikan bagi kalian sebagai pembeli untuk lebih jeli mana yang asli mana yang palsu.
  • Lihatlah terlebih dahulu barang - barang yang mereka tawarkan. dan deskripsi yang jelas.
  • Jika masih ragu untuk membeli. maka jangan membelinya terlebih dahulu. 
  • Jika website tersebut mempunyai forum testimoni atau bukti hasil pembelian barang dari pembeli maka kalian tidak perlu khawatir atau mempunyai sebuah forum lain seperti hanya bercakap cakap saja atau membahas tentang produk mereka.
  • Pastikan website atau toko online tersebut masih aktif atau tetap update hingga sekarang.
  • Pastikan mereka mempunyai sebuah toko tetap. atau mempunyai alamat dan mempunyai sistem pembayaran cod atau bayar ditempat yang telah disepakati.
Memang berbelanja di internet atau berjualan di internet. selain mendapatkan kemudahan dan mendapatkan keuntungan yang lebih signifikan. ada saja oknum - oknum yang memanfaatkan keuntungan tersebut menjadi hal yang negative. maka dari itu kita seharusnya waspada akan hal tersebut. semakin maju tgeknologi masa kini maka semakin maju juga tindak kejahatan yang ada. dan jangan sampai kalian berakhir seperti Dea :'). Peace....

Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang Di Website Nandea96
Mohon untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih serta sabun setiap 15 menit sekali agar terhindar dari covid-19 dan penyakit lainnya seperti diare. selalu gunakan masker ketika berpergian kemanapun 😷. meskipun itu hanya berbelanja sekitar 0.1 km atau ke tetangga. hindari kontak fisik dan beri jarak sekitar 2 meter dari jarak tempat kita berdiri dengan seseorang agar tidak memunculkan klaster baru yang tidak di-inginkan.

-Terimakasih 🙏-
Done