Cara Mengetahui Dan Memperbaiki Smartphone Yang Terkena Ghost Touch Dengan Mudah - Nandea96
Artikel Terbaru
Loading...

Thursday, 2 April 2020

Cara Mengetahui Dan Memperbaiki Smartphone Yang Terkena Ghost Touch Dengan Mudah



Smartphone kamu Ghost Touch? Apakah dapat diperbaki? Tenang dulu. Sebenarnya seluruh kerusakan tersebut dapat diperbaiki. Ya dengan cara membeli baru lagi 😊. Eits bukan itu cara yang simple. Nah disini dea akan memberitahukan mengenai informasi atau cara untuk mengetahui smartphone kita tersebut Ghost Touch. Nah. Mungkin ada beberapa orang yang berpendapat bahwa ghost touch ada karena update OS. Update Aplikasi dan bla bla bla bla…tidak ada aplikasi/firmware yang rusak dan menyebabkan smartphone tersebut rusak. Biasanya. Itu berasal dari hardware. Ya. Nah dibawah ini dea akan memberikan sebuah ciri ciri sekaligus cara untuk mengetahui ghost touch tersebut berasal dari mana, berdasarkan yang dea alami selama ini 😊. Oke kita langsung saja


  1. Layar Yang Rusak : Biasanya Layar/lcd yang rusak rentan sekali ghost touch. Jika layar lcd pecah dan display ikut hancur. Seperti ada garis pada Screen. Ada tompel pada screen. Dan juga jika kamu tidak pernah memainkan smartphone yang kamu gunakan dikala lcd tersebut rusak/ membiarkannya mati selama berhari-hari. Itu akan berpotensi Ghost Touch.
  2. Membeli LCD + Touchsreen KW : Membeli LCD + Touchsreen yang lebih murah memang dapat/sangat berguna dikala kita ingin
    memperbaiki smartphone kita tanpa mempunyai cukup uang yang banyak untuk membeli yang original. Tapi ketahuilah. Hal itu akan berdampak dengan adanya Ghost Touch. Ya memang tidak sekarang. Besok ataupun dua bulan bahkan setahun. Ghost touch tersebut biasanya akan terjadi jika lcd KW digunakan dan tiba tiba rusak. Nah disaat itulah Ghost touch mulai muncul. Meksi kamu mengganti LCDnya dengan original LCD. Mungkin Ghost Touch Sudah menjalar ke hardware yang lebih dalam.
  3. Gunakan Charger/Charger Original Pada Smartphone yang digunakan : Mungkin kamu tidak mengetahui. Awal mula adanya Ghost Touch Tersebut berasal dari Charger yang digunakan. Ya. Semakin sering menggunakan Charger KW. Jika LCD sudah mulai rusak. Maka Ghost Touch Akan muncul. Da tidak mengatakan menggunakan Charger KW/ Charger lain akan merusak smartphone secara gamblang seperti terbakar pada mainboard. Selama Volt nya masih stabil/standard minimum dari smartphone kita maka tidak apa apa. Hanya saja itu akan merusak secara perlahan ke smartphone.
  4. Smartphone yang terlalu Panas : jika smartphone kamu panas, tiba tiba ghost touch muncul, jika smartphone kamu normal - dingin, ghost touch tidak muncul?. Jika hal ini terjadi maka. sebaiknya ganti beberapa komponen seperti IC CPU, tapi memang dea tidak tau apakah IC ini dapat diganti atau tidak. mengingat ic ini tempelan yang sebagian besar dea tidak tau, tidak akan dapat diganti. atau bisa juga mengoleskan thermal paste pada IC CPU sebagai langkah pendinginan sama seperti processor laptop/komputer itu sendiri.



Nah itulah beberapa kendala yang mana kenapa smartphone dapat Ghost Touch, nah sekarang ialah bagaimana cara memperbaikinya? Tenang  saja. Dibawah ini dea akan memberikan Solusinya, Jika smartphone kamu ghost touch. Ingat ingat. Apa yang telah kamu lakukan pada smartphone kamu. Biasanya ghost touch terjadi karena layar lcd yang rusak. Bisa dengan jatuh, ditindih, ataupun lainnya. Nah tips dibawah mungkin akan bagus untuk mengetahui dari mana sumber ghost touch tersebut :
  1. Bukalah LCD/ Touchscreennya terlebih dahulu
  2. Setelah itu periksalah beberapa IC yang ada. Salah satunya IC display, IC Touchscreen, dan IC Power.
  3. Coba buka IC Touchscreen dan ganti dengan yang baru, apakah masih main main? Jika tidak. Maka memang IC Touchscreennya saja yang rusak. Gunakan OTG + USB terlebih dahulu untuk mengecheck setiap aplikasi. Dan jika ada icon yang mana ketika kamu pencet tiba tiba menjadi agak redup/ ketika kamu memencetnya membutuhkan dua kali tap untuk masuk dan beberapa icon disekitar berkedip. Maka cobalah untuk mengganti IC Display nya. tapi ada juga insiden ketika ic touchscreen di lepas tidak main main. dan ketika dipasang dengan ic touchscreen baru. masih main main. berarti itu ada kendala pada... baca nomor 6..
  4. Coba buka IC Charger dan ganti dengan yang baru, karena seperti yang dea katakan. Ketika menggunakan charger KW. dan ketika pada beberapa waktu. Juga akan mempengaruhi IC Touchscreen. Dan tentu jika lcd rusak maka  Ghost Touch terjadi. Tapi ini biasanya jarang terjadi kasus.
  5. Coba ganti IC Power, Jika memang kendalanya ada pada IC power maka hal tersebut bisa djelaskan karena ic power yang dulu mengalami beberapa kerusakan dan tidak dapat menyalurkan daya listrik ke ic ic yang lain sehingga ada beberapa ic yang tidak begitu berjalan sebaga mana mestinya.
  6. Jika masih tidak bisa. Coba belilah LCD + Touchcreen Original dari smartphone tersebut. Jadi begini. Kasus ditindih itu biasanya hanya terkena LCDnya saja. Dan mungkin ada sedikit jalur yang rusak pada Touchscreen yang menempel. Dan Biasanya IC Touchscreennya sudah menempel pada LCD yang dibeli. Jadi langkah no.3 boleh dilakukan boleh tidak. Ya itung itung menekan budget juga jika melakukan langkah no.3 😊

Nah itulah informasi mengenai kenapa bisa ada Ghost Touch, sebenarnya Ghost Touch bukan lagi dari Software. Tapi sudah sampai ke Hardware. Memang jika pemicu utamanya  software dan tiba-tiba beberapa saat ghost touch. mungkin jauh sebelum kamu melakukan otak atik software. Hardware memang sudah rusak dan menunggu saat yang tepat untuk menunjukan kerusakannya, dan disaat hardware sudah rusak, dan kamu mengotak atik software/ sekedar update software, itulah awal pemicunya dan hal Ghost Touchpun muncul,dan juga ada banyak sekali type IC yang ada pada smartphone. jadi berikan kepada  ahlinya (tukang service) untuk me-ngecheck ic mana yang memang sudah rusak, dan tak jarang beberapa resistor mungkin ada yang rusak dan tidak dapat menyalurkan arusnya ke ic ic yang dikatakan.  😊

Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang Di Website Nandea96
Mohon untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih serta sabun setiap 15 menit sekali agar terhindar dari covid-19 dan penyakit lainnya seperti diare. selalu gunakan masker ketika berpergian kemanapun 😷. meskipun itu hanya berbelanja sekitar 0.1 km atau ke tetangga. hindari kontak fisik dan beri jarak sekitar 2 meter dari jarak tempat kita berdiri dengan seseorang agar tidak memunculkan klaster baru yang tidak di-inginkan.

-Terimakasih 🙏-
Done