Cara Membuat File Bin setup1.bin/data1.bin Dengan Cepat Dan Mudah - Nandea96
Artikel Terbaru
Loading...

Tuesday, 12 January 2021

Cara Membuat File Bin setup1.bin/data1.bin Dengan Cepat Dan Mudah


Jika kamu sudah memiliki setup game dan ingin membuat sebuah files setup1.bin/data1.bin Maka kamu harus memiliki setidaknya game yang akan dibuatkan files setup1.bin/data1.bin.

Bagaimana Caranya?
  • Tentu Pertama-tama kamu harus memiliki yang namanya Software FreeArc. Karena hanya pada Software tersebut kamu dapat membuat file dengan format (.bin). Download disini jika kamu masih belum memiliki softwarenya disini
Lalu Perbedaannya membuat file bin pada Daemon tools/PowerIso dan Nero?
  • Jika kamu membuat files (.bin). Pada ke 3 Software tersebut. Tentu file bin yang kamu buat itu dapat dibuka. Bukan hanya itu. Setup game yang sudah kamu buat atau dapat. Hanya akan dapat menerima file bin yang dibuat melalui FreeArc saja. Karena Setup bin tersebut memang sudah tersetting FreeArc. Ada unpack  model. Sedangkan jika kamu membuatnya di ketiga Software tersebut. Dan bukannya di FreeArc. Maka tentu saja tidak ada fitur unpack yang ada pada setup tersebut. Dan jadinya file bin yang telah kamu buat. Tak dapat di ekstrak. Jadi tentu saja file tersebut sia- sia saja.
Baik. Saya sudah mendownload dan sudah menginstall Software FreeArc tersebut. Lalu bagaimana caranya membuat file setup1.bin/data1.bin itu?
  • Jika sudah mendownload dan menginstallnya. Maka langkah kedua ialah dengan menggunakan files game untuk dipecah. Cara memecahnya itu dengan cara manual ya. Masih belum ditemukan cara untuk memecah otomatis tanpa harus menggabungkan keseluruhan files dalam 1 folder. 
  • Nah. Jika sudah maka carilah files game yang ingin dipecah Misalnya dalam data game tersebut ada 3 folder dan 44 files. Block ke 44 files atau setengahnya dulu Lalu Click properties dan kalkulasikan Berapa jadinya kamu dapat size tersebut. Usahakan kurang dari 4.3 GB ya. 
  • Jika sudah maka Click kanan seluruh files yang ter-Block. Lalu pilih "FreeArc" dan pilih "Add New Archives". Maka kamu akan melihat tabel pemberitahuan seperti dibawah ini.

  • Usahakan Kolom "Archive Type" di isikan dengan nama "setup1.bin" atau "data1.bin". 
  • Lalu centang Kotak "Compression" tersebut dan pilih "Normal  - m4". 
  • Lalu pergi ke menu "Compression". Pada kolom "Compression Profile" pilih "No Compression". 
  • Jika sudah maka sekarang Click tombol "Ok" Tersebut. 
  • Tunggu beberapa menit hingga progressbar peng-arsipan selesai. 

  • Jika sudah maka Arsipkan lagi setengah files atau folder yang belum ter-arsipkan tersebut. Caranya sama seperti diatas. Tapi kali ini beri nama setup.bin/data2.bin (jika kamu membuat angka yang sama. Ditakutkan files bin yang pertama kamu buat akan terhapus karena file bin kedua namanya sama dengan yang pertama. Istilahnya File ditimpa. Dan tentu saja kamu mau tak mau harus kehilangan setengah files game tsb pada saat proses install)
     
  • Ingat untuk memblocknya dulu. 
  • Jika files/folder yang sudah sukses ter-arsipkan. Maka pindahkan dulu atau buat folder dengan nama "Sudah selesai" untuk menampung files yang sudah diarsipkan tersebut. Untuk setup1.bin atau data1.bin yang sukses terbuat itu pindahkan ke folder lain yang telah kamu buat atau biarkan disana (jangan sampai setup1.bin atau data1.bin terblock agar tidak ikut ter-arsipkan) dan untuk files yang belum ter-arsipkan. Maka arsipkan terlebih dahulu. 


  • Apa kamu melihat kedua gambar diatas ini? gambar pertama menunjukan beberapa folder dan gambar kedua itu merupakan folder didalam folder. 

  • Nah anggap saja begini. jika kamu ingin mengompress files tersebut sesuai dengan size dibawah 4.3 GB dan tentu saja ingin membuat setup2.bin/data2.bin atau file bin selanjutnya. kamu perlu yang namanya mengkalkulasikan seluruh atau beberapa files maupun folder yang akan kamu compress. jadi di block satu persatu. lalu click kanan lalu lihat di properties. 

  • Kamu HARUS! menempatkan file/folder tersebut sesuai dengan tempat data yang seharusnya. jadi dalam artian data dari file game itu harus selaras. jika kamu memindahkan file folder ke tempat luar. yang mana seharusnya berada didalam. maka file game yang akan terinstall. tak akan dapat dijalankan. karena penempatan file/folder data pada game tidak semestinya. jadi pastikan untuk melihat penempatan folder data/game tersebut.

Lalu bagaimana cara kita agar dapat mengompress file yang ada didalam salah satu folder data akan tetapi kita tak ingin mengompress files satunya di dalam folder data tersebut?.
  • Misalnya didalam folder Data ada 2 Folder yaitu folder "Sound" dan "Graphic". tapi kamu ingin mengompress folder "Graphic" terlebih dahulu dikarenakan folder tersebut cukup pada DVD). ya jadi kamu harus memindahkan folder "Sound" keluar dulu.. jika sudah maka compress diluar.. yang dicompress itu folder "Data". INGAT!. didalam folder "Data" kamu sekarang hanya ada folder "Graphic".
  • Dan jika sudah selesai mengompress. maka selanjutnya folder "Graphic" ditempatkan diluar. dan folder "Sound" ditempatkan didalam. (Tempatkan diluar folder "Data").

Terus Bagaimana Cara kita mengompress file yang ada didalam folder graphic jika misalnya didalam folder "Graphic" berisi files besar sebagian yang tidak muat di DVD nanti?
  • Caranya gampang. kamu tinggal kalkulasikan kembali beberapa files tersebut. jika sudah maka sisa filesnya ditempatkan diluar folder "Data". INGAT!. Diluar folder "Data". karena yang akan kita compress itu folder "Data" kembali nantinya. jadi buatlah sebuah folder diluar folder "Data". misalnya folder "Pending". tempatkan files yang belum dicompress tersebut pada folder "Pending". lalu setelah itu compress Folder "Data" kembali.

  • Jika sudah. maka files yang berada didalam folder "Graphic" tersebut. yang sudah di compress itu. pindahkan ke folder paling luar (diluar folder "Data") dan buatlah sebuah folder. misalnya folder "Selesai". nah. pindahkan seluruh files yang ada didalam folder "graphic" mu yang sekarang pada folder "Selesai". menandakan files tersebut sudah selesai ter-ekstrak.

  • Jika sudah. maka kalkulasikan lagi files yang ada didalam folder "Pending" agar dapat fit atau setidaknya size sedikit kurang dari size pada ukuran DVD nanti. jika sudah maka pindahkan beberapa files yang sudah ter-kalkulasi tersebut ke folder "Graphic".  

  • Jika sudah maka compress kembali folder "Data". INGAT YA!. jangan mencoba mengompress melalui folder "Graphic". tapi compress Melalui folder "Data".

Jika sudah. maka harusnya kamu sudah memiliki files bin yang cukup banyak dari hasil tersebut. apakah kamu sekarang sudah mengerti sekarang bagaimana cara dea melakukannya dengan manual?

Terkadang teknik arsip manual ini sangat lebih menguras tenaga. Tapi hasil yang didapatkan lebih efisien dan bagus. 

Client tak sampai harus mengorbankan GPU milik mereka ketika menginstallnya karena untuk mengunpacknya. File game yang sudah dibalut atau dikompres menjadi file (.bin) pada FreeArc ini tak harus mengorbankan RAM mereka berjam-jam. 

Apakah ada Cara Untuk Memecah Otomatis Files Game menjadi setup1.bin/setup2.bin atau data.bin/data2.bin?

  • Jawabannya TIDAK!! jika kamu ingin pecah otomatis. Dan ingin memburningnya pada dvd/cd nanti. Pertanyaannya. Bagaimana cara kamu untuk menggabungkan files bin yang terpecah otomatis tersebut. Sedangkan kamu dipaksa untuk mengumpulkan seluruh files bin yang kamu pecah otomatis layaknya WinRAR dalam satu tempat yang sama? Tidak bisa bukan? Bahkan jikalaupun bisa. Maka yang akan kamu dapat setengah filesnya. Tidak seluruh files tersebut. Dan ketika kamu memasukan DVD/CD pertama. Dan selesai menginstallnya. ketika kamu mencabut DVDnya. Maka data yang ada pada disc pertama menghilang. Dan digantikan oleh disc kedua. Dan begitu seterusnya. Karena pada dasarnya file yang kamu pecah otomatis membutuhkan files bin sebelumnya. Layaknya WinRAR. 
  • WinRAR dapat memecah otomatis files. Dan apakah kamu pernah membuka part 1 dan 2 files yang dipecah oleh WinRAR? Apakah kamu melihat ada 1 files yang sama dalam 2 Part?. Itulah system pecah otomatis. Mereka memecahnya. Bukan memotongnya. Memecah file dalam artian mengambil 1 files dan membelahnya menjadi 2. Jadi dalam part 1 dan 2 ada files yang sama dan tak dapat di bedakan karena size. Dan kedua files tersebut  memiliki sub material sama.
  • Jadi. Jika kamu mendownload game yang terbalut oleh WinRAR dan itu Files Ber-part. Apakah kamu pernah sukses untuk memindahkan files part1 tersebut keluar tanpa harus meminta part lainnya? Tidak bukan? Pasti dia meminta part lain yang sama dengan nama serta nomor part selanjutnya disekitarnya. Nah.. Itulah perbedaan apa yang dea lakukan diatas.. Dea hanya memotongnya dan membuat seolah-olah files tersebut ber-part dan terpecah. Dalam artian begini. Dea memiliki 2 files. Satu files dea balut menjadi files bin Dan memberinya nama (setup1.bin). Lalu files kedua dea balut lagi menjadi files bin Dan dea memberikannya nama (setup2.bin). Kedua files tersebut dea balut Tapi tidak dea pecah. Jika sewaktu-waktu dea tau files bin mana yang berisi files yang dea butuhkan pada game yang bersangkutan. Maka dea tinggal menggunakan files bin tersebut saja. Berbeda dengan WinRAR yang notabene kamu tak akan tau file didalamnya. Karena dari part 1 dan 2 bahkan 3 (jika file tersebut besar. Maka mungkin bisa sampai 8 atau 10). 
  • Kamu tak akan tau mana isi files yang kamu butuhkan. Seakan semua files tersebut kamu butuhkan. Jadi ketika file game kamu bermasalah dan error. Mau tak mau kamu harus Install Ulang kembali. Itupun jika files setup masih dalam mode WinRAR dan terpecah.. 

Nah sekian tutorial dari dea. Bagi kamu yang masih belum. Paham cara memecah manualnya kamu dapat berkomentar dibawah ini. Adanya kotak komentar untuk memberikan keluhan kamu 🙂.

Share with your friends

12 comments

  1. Mantap langsung dibuatin otw praktek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Karena banyak sekali yang masih awam. Jadi saya buatkan di Post berbeda kali ini.

      Semoga berhasil 👍

      Delete
  2. Jika file saya berbentuk .bin kapasitas 13Gb, Bagaimana caranya dibuatkan menjadi beberapa part .bin kapasitas 4,7Gb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. mas nya sudah punya setupnya apa belum? jika belum maka kunjungi link ini dulu untuk download bahan - bahannya.

      2. jika masnya sudah punya. masnya harus menggunakan cara manual. yaitu dengan cara yang sudah dea katakan pada artikel diatas. jadi misalnya mas punya size game 13 GB. dibuka dulu hingga ke seluk-beluk foldernya. disini tips-trick nya.. pindahkan file-folder atau data yang memang size nya itu besar diluar folder tersebut.

      jadi mungkin akan seperti ini intinya :
      Folder Utama Game >>> didalam Folder Utama game ini ada beberapa folder Seperti "Audio" "Bin" "Data" "Eula" dan folder "Graphic"(Biasanya) dan sisanya files-files pendukung diluar folder itu. dan size file luar itupun biasanya kecil-kecil (Disini coba kalkulasikan berapa Average Size dari 2 folder yang menurut masnya besar. usahakan mengambil 2 folder untuk dikalkulasikan dengan memblock 2 folder tersebut lalu lihat diproperties untuk hasil size yang didapat) >> Jika sudah didapat file sizenya. maka compress 2 folder yang menurut masnya besar itu.

      cara compressnya itu begini. pada setup yang saya bagiin itu kan otomatis sudah membuat folder utama (Folder Data Game) jika masnya install game yang bersangkutan. misalnya begini. mas pake setup yang saya bagiin. dan mas install game. otomatis folder data utama itu dibuat seperti contohnya tiba-tiba ada folder "Assasins Creed" pada Local Disk C:\ atau Data D sesuai tempat yang ingin mas install. nah itulah folder "Utama" dan didalam folder assasins creed ini akan terlihat beberapa folder data kan? seperti audio.graphic. eula yang saya jelaskan diatas ini tadi. itulah beberapa data didalamnya.

      cara compressnya gampang. jika mas sudah mengetahui mana files yang besar dan itu berada didalam folder "Graphic" misalnya. maka pindahakn file size yang kecil didalam folder "Graphic" dulu keluar atau file besar yang mana file tersebut tidak muat pada DVD yang akan di installkan. maka pindahkan folder besar/kecil yang lain tersebut diluar folder "Graphic". (buat saja folder yang mudah di ingat untuk menampung file kecil tersebut diluar folder "Graphic"). nah file besar didalam folder "Graphic" itu biarkan. dan langsung Compress Folder "Graphic" nya dengan FreeArc menggunakan normal mode. jika sudah selesai maka pindahkan files size besar yang berada didalam folder "Graphic" tersebut ke folder yang kamu buat. usahakan buat folder pengingat biar tidak lupa. nah lalu pindahkan files kecil yang tadi mas pindahin keluar dan disimpen pada folder yang mas buat itu. pindahin lagi files kecil itu ke folder "Graphic" sekarang. lalu compress kembali Folder "Graphic" nya.. dan harusnya mas sudah punya files yang akan membuat sebuah folder "Graphic" misalnya pada game yang akan di installkan didalam folder Utama Game. apakah folder "Graphic" itu bakal bertabrakan? tidak. karena data didalam folder "Graphic" itu beda. jika sama ya jelas tabrakan. itu kenapa Dea menyarankan untuk memindahkan file size besar yang sudah dicompress keluar jika masnya ingin compress files besar lainnya/file kecil yang lain yang belum di compress ke folder "Graphic" tersebut.


      nah kira-kira seperti itu caranya. jika masnya masih ga mudeng/masih belum mengerti coba berikan komentar balasan pada komentar ini. nanti saya bantu jelaskan lagi.

      Delete
  3. Terima Kasih atas Penjelasannya mbak Dea.. Begini,
    Saya mempunyai game berbentuk ".iso" 25Gb, setelah dibuka berisi:
    1. "Setup" bawaan Game
    2. File ".bin" 25Gb

    Saya sudah jalankan setup game tersebut dan disimpan di D: dengan nama folder "Game 25Gb", ternyata didalam isi Folder Game 25 tersebut memang ada folder Audio, BIN, Graphic dll. Tetapi ada pula file berbentuk ".bin" dengan kapasitas yang berbeda seperti: 13Gb, 4Gb, 2Gb, 500Mb, dll. yang saya ingin tanyakan apakah file-file ".bin" dengan kapasitas diatas 4.7Gb, dibuatkan setup nya lagi, seperti yang mbak Dea kasih link diatas, sehingga file ".bin" kapasitas 13Gb tersebut terekstrak oleh setup yang kita buat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. file bin 13Gb itu gabakal bisa diextract. bukan gabisa tapi tak boleh di Extract. karena itu file data yang dibutuhkan file Executable/File Aplikasi Game itu sendiri. yang bisa kita lakukan ialah membalutnya dengan winRAR (dalam kasus ini pecah dibawah 4.7 GB) setelah itu membuatnya menjadi file .bin kembali satu persatu partnya agar dapat digunakan pada program setup yang dea berikan..

      apakah dibuatkan setupnya lagi?
      Jika mas ingin data1/data2/data3 dan ingin setup yang mas inginkan itu berisi "Insert To Disk" maka memang dibutuhkan untuk membuat setupnya kembali :)

      Delete
    2. gimana bilangnya ya mas...
      Jika mas pengen file game yang mas miliki itu mas share secara virtual. tidak melewati fisik seperti VCD/DVD. maka di balut dengan winRAR atau Zip tak masalah.
      tapi jika mas pengen file game yang mas miliki itu mas jual dalam bentuk DVD. dan bisa di extract otomatis dari DVD ke tempat penyimpanan seperti Data D: atau Local Disk C: (untuk menghindari adanya corrupt. karena DVD itu ringkih. jika memaksa memainkan game menggunakan DVD dalam waktu lama biasanya mode baca pada DVD Player akan melemah. jadi lebih baik file dipindahkan.) maka bisa menggunakan ISO untuk memburningnya. tapi agar file yang didalamnya itu dapat ter-extract ke komputer maka dibutuhkan Setup khusus seperti yang dea bagikan.. jika mengandalkan metode Copy pada fitur DVD player atau mencari software copy files.. saya rasa yang dicopy itu data Setupnya. bukan files dimana mereka bisa langsung main.. jadi pada akhirnya mereka harus install files tersebut di komputer. padahal untuk memindahkan files setup dari DVD ke komputer dengan cara copy manual. kadang itu bisa 4 sampai 5 jam bahkan bisa lebih. bahkan bisa juga gagal saking besarnya file size tersebut. jadi memang dibuatlah setup auto extract seperti ini..

      Delete
  4. Betul mbak Dea, saya mau burning menjadi beberapa DVD 4.7GB dan autorun instal, dari file ".iso" 25 GB tadi. dengan berisi "insert to disk" dan bisa langsung dimainkan.

    Tetapi setelah melihat penjelasan mbak Dea, sebaiknya bagaimana..
    1. Mending saya langsung pecah file ".bin" 25GB dengan WinRAR (<4.7GB)kemudian dibuatkan file .bin kembali dan dibuatkan setup buatan kita (setup bawaan sudah tidak terpakai)?
    2. Atau Jalankan setup bawaan simpan misal di folder D:Games 25GB, dan isi file .bin yang kapasitas 13GB tadi dipecah dengan WinRAR (<4.7GB) kemudian dibuatkan bin kembali (termasuk semua isi folder di D:)?

    (Dari pertanyaan No.1 dan 2 Apakah games bisa langsung dimainkan?, Dari pertanyaan No.2 Apakah setelah kita membuka setup bawaan, semua isi data games ada di folder D:Games 25GB tanpa ada yang masuk ke system komputer, sehingga kita bisa memburningnya ke DVD untuk langsung dimainkan)

    Atau memang seharusnya dibuat manual, kita memecah file .bin 25GB (<4.7GB) dan membuatkan .bin baru termasuk setup bawaannya, dan membuat setup baru. sehingga kita tetap harus menjalankan setup bawaannya setelahnya?

    Terima Kasih Banyak mbak Dea, mohon maaf atas keterbatasan ilmu saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya gabisa mas kalo auto play ketika selesai install pada setup. kalo seperti itu berarti Game harus di Press lagi jadi 5/7 GB pas dengan metode repack Ekstrim.. jadinya mas harus beli DVD 8GB..

      Tapi yang paling Posible yang bisa dea pilih... heem. no.1
      kalo file-file kecil anggepannya 1/3 GB atau dari 1kb/900 MB. buatkan saja file-file itu menjadi file ".bin" pakai FreeArc dulu. baru setelahnya yaitu file-file besar seperti 13 GB ini dipecah saja menggunakan WinRAR. file WinRAR ini di balut lagi menjadi file ".bin" di FreeArc. ​

      untuk menggunakan Setupnya pakai Setup yang dea share. kalau memakai setup bawaan. itu ga akan ada "Insert To Disk" + tak bisa dimodifikasi lagi setupnya. lah ada ada aja nih masnya :v. masa file .bin 25 gb yang notabene itu file repack dipecah. malah lebih berat dong yang bakal unpack?..

      ini kita ceritanya udah hasil Install ya file repack nya itu.. file repacknya kan 25 GB. pas di install kan keliatan size aslinya. dan data gamenya juga udah kekumpul jadi 1...

      nah di data game ini kan ada file 13 GB itu.. ya pecah itu aja pake WinRAR.. kalo ada yang lain. yang gedenya sama ato lebih sedikit. dipecah juga pake WinRAR.. nanti balut lagi itu yang hasil pecahan pake FreeArc (bikin format .bin).. pas client/pembeli mau install. mereka tinggal langsung install datanya.. lalu nge-unpack WinRAR difolder itu.. otomatis ketika selesai unpack bisa langsung main. gaperlu dipindah lagi folder datanya.. ;)

      Delete
    2. Mungkin bisa autoplay jika filesnya itu kayak GTA V.. files satuannya ga lebih dari 5GB... cara lain itu ya pakai repack ekstrim yang memberatkan GPU.. kalo GPU ga kuat biasanya files antara gabisa diunpack atau gagal instal entah kenapa penyebabnya masih belum diketahui (banyak kekurangannya).. Game - Game hasil repack'an FitGirl Contohnya.. kalo codex. blackbox. corepack. Steampunk mereka cuman repack biasa. itu kenapa size repack an mereka ber 4 itu hampir mendekati dengan hasil size dari game asli..

      Delete
    3. hehe tak apa mas. dea juga masih belajar dalam dunia ini. karena para senior-senior yang udah sukses diatas kadang pelit buat ngasih tutorial. jangankan tutorialnya. Setup isi "Insert To Disk" aja jarang ada yang share.. mungkin cuman 1 orang aja dan itupun setup dan artikelnya sama dan dari setup keluaran 2014 pula wkwkwk.. wkwkwk. dan dari niatan dea dulu sih mencari dan mengotak-atik kodingnya jadinya bisa membuat setup "Insert To Disk" buatan dea itu wkwkwk :v. jika tidak. mungkin artikel ini tak akan ada dan membantu orang-orang yang membutuhkan seperti masnya :)

      Delete

Selamat Datang Di Website Nandea96
Mohon untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih serta sabun setiap 15 menit sekali agar terhindar dari covid-19 dan penyakit lainnya seperti diare. selalu gunakan masker ketika berpergian kemanapun 😷. meskipun itu hanya berbelanja sekitar 0.1 km atau ke tetangga. hindari kontak fisik dan beri jarak sekitar 2 meter dari jarak tempat kita berdiri dengan seseorang agar tidak memunculkan klaster baru yang tidak di-inginkan.

-Terimakasih 🙏-
Done