Cara Membuat File/Folder Menjadi File Bin Pada Laptop/Komputer

Cara Membuat File/Folder Menjadi File Bin Pada Laptop/Komputer



Hy Semua. Ketemu lagi dengan aku. kali ini aku akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara membuat file dengan type .bin file. ada dua cara untuk membuatnya yaitu dengan cara pada virtual disc seperti power iso daemon tools dan fileiso. dan cara kedua dengan menggunakan software dibawah ini. yaitu dengan FreeArc. 

Nah sebelum membuatnya. aku akan memberitahu apa sih itu files bin. nah files bin merupakan sebuah files dengan format (*.bin) yang mana files ini hasil balutan atau compressan sama seperti files (*.rar) atau (*.zip). hanya saja files bin tidak memiliki firmware atau software standard tetap untuk membuka atau membuatnya. biasanya dibutuhkan software pihak ke 3 yang tidak berafiliasi dengan files bin ini untuk membuatnya atau membukanya

Banyak dari para developer menggunakan files bin. karena size dan ukuran balutan yang dibuat tidak terlalu ditekan alias di compress sedemikian rupa. jadinya  files bin yang telah dibuat melalui software pihak ke 3 ini mampu mengekstrak sebuah files didalamnya dengan cepat.. 

Jadi menurut aku. apakah files bin itu gabungan dari beberapa files data? tentu saja. bahkan shortcut maupun aplikasi bisa saja kamu buat dan balut menjadi files bin. bedanya ada 2 type cara pembuatan files bin ini. dan tentu saja jika sudah membuatnay disalah satu type tersebut. type yang satunay tidak akan dapat berguna. dan kali ini aku akan mempraktekan cara membuatnya nah bagaimana cara membuatnya? ikuti langkah - langkah dibawah ini.

Step By Step

  • Download terlebih dahulu filenya disini
  • Setelah itu Install seperti biasa.
  • Jika sudah menginstallnya...jika sudah. click kanan folder yang ingin dijadikan .bin file (Sebelumnya dalam folder sudah ada data - data tersebut). dan pilih "FreeArc" dan pilih "Add to Archive.."


  • Nah maka akan muncul tabel seperti dibawah ini... isikan nama data tersebut pada "Output Archive" seperti data-1.bin/data-2.bin dan seterusnya. dan pilih compression menjadi " No Compression" atau jika ingin dicompress/repack pilih "Maximum 1 GB" dan jika ram kalian lebih dari2 GB pilih "Ultra 2 GB" Itu Jika Ram kalian melebihi 2 GB.


  • Selanjutnya pilih menu "Compression" disini pilih "Maximum" dan pilih pada compression profile menjadi sama dengan type compression pertama yang kalian pilih. dan click "Ok".


  • Dan terakhir kalian harus menunggu tergantung file yang akan dikompress. semakin besar file tersebut dan dikompres dengan type maximum/ultra akan memakan waktu yang lama. lain halnya jika menunggu file yang dikompress dengan type no compresion...




  • Jika sudah jadi maka akan terbentuk file seperti dibawah ini..






Apakah kalian sudah mengerti cara membuat file menjadi file .bin di laptop/komputer?. jika sudah maka selamat dan jika belum maka kalian dapat meninggalkan komentar dibawah ini.. ...



8 comments

  1. Hallow aplikasinya sudah saya install tapi waktu klik kanan foldernya gak ada menu freeArc gimana dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena agan tidak mencentang "Associate The other Arcives With FreeArc" Pada saat Seblum Proses Installasi. di sesi "Choose Components"..Setelah Sesi "Choose Install Location"

      Perhatikan baik-baik :)

      Delete
  2. kalo buat file .bin secara auto bisa gak misal file 60 gb kemudian di pecah menjadi beberapa file .bin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau secara Auto jelas tidak. Itu harus manual. Tapi Agan sendiri yang nakarin mau berapa.. Misal agan buat file bin dengan size 3 GB. Berarti agan harus menakarkan file yang 60 GB tersebut menjadi 3GB.

      Dengan cara :
      Misalnya ada file GTA V. Didalam file GTA V Ada 40 files dan 4 folder.
      Bagaimana cara kita tau itu sizenya sudah 3GB atau belum? Coba di Block 3 atau 4 files dulu secara bersamaan. Jika sudah maka Click kanan lalu lihat di properties.
      Intinya agan harus bisa nakarin asalkan tidak melebihi 4.6 GB.
      Jika lebih maka kurangi files nya..
      Kalo yang jadi part otomatis kaya winrar itu.. Dia itu System ya pecah. Mau ga mau kalo pengen gabung in harus didempetin alias dalam 1 folder yang sama semua part nya. Kalo file bin buatan seperti ini. Jika sudah setup mengatakan "Please Insert to disk 2". Tinggal ganti kaset aja. Karena yang pake winrar kalo di burning. Gbkl bisa di ekstrak langsung kayak kaset game.. Bakal disuruh mindahin dulu semua ke hdd

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. tergantung files bin yang dibuat dari iso maker atau FreeArc??

      Jika di FreeArc itu tidak ada.. kecuali mendownload decompressornya..

      Delete