Cara Membuat Installer Repack Setup Game Berisi Insert To Disk 1/2/3/4 Dan Seterusnya

Cara Membuat Installer Repack Setup Game Berisi Insert To Disk 1/2/3/4 Dan Seterusnya


Mungkin sebagian orang pasti tau gambar diatas. ya. software diatas itu merupakan sebuah tools installer setup. jika kamu pernah menginstall suatu game lewat blackbox/codex/fitgirl/corepack. kamu akan melihat ada beberapa installer setup yang berbeda-beda yang mereka miliki. 
nah installer setup diatas itu merupakan buatan salah satu dari grup repack game terbesar kedua setelah codex dan steampunk. yaitu corepack.

Nah jadi kali ini aku akan memberikan installer setup diatas tersebut secara cuma-cuma buat kamu. ya buat kamu. memang masih ada beberapa dan banyak sekali orang yang meng-share setup installer ini di internet. entah itu di youtube maupun diwebsite-website melalui google. 

akan tetapi installer yang mereka bagikan itu sedikit berbeda dengan installer yang akan aku bagikan ini. kenapa? karena installer setup ini berisi fitur Insert To Disk. dimana installer ini akan sangat sempurna sekali bagi kamu yang ingin menjual DVD Game milikmu.

Sebelum melangkah ke langkah yang lebih jauh. ada baiknya kamu harus mendownload dulu bahan-bahan yang sudah aku siapkan ini.

Bahan-Bahan :
  • Installer Setup Insert To Disk | Safefileku
  • Inno Setup 5.5.1 ee2 (u) Build 121002 Enchanced Version | Safefileku
Cara Install :
  • Jika sudah maka extract kedua files tersebut ke desktop
  • Disini bukalah folder "Installer Setup Insert To Disk" yang sudah di extract tersebut terlebih dahulu
  • Jika disana kamu melihat files "Windowsphone.iss" atau files "WindowsPhone". maka click kanan files tersebut lalu pilih "Open With". Jika tidak ada maka bukalah melewati menu "Open"
  • Disini pada sesi "Open With". pilih "Choose Another Application" atau "Pilih Aplikasi lainnya".


  • Disini centang kotak "Always use this app to open .iss files" atau "Selalu gunakan aplikasi ini untuk membuka file iss" tersebut terlebih dahulu.
  • Lalu click tulisan "More Apps" atau "Aplikasi Lainnya".
  • Disini Scroll Kebawah maka kamu akan melihat tulisan "Look for another app on this pc" atau jika di bahasa indonesiakan "Cari aplikasi lainnya pada komputer ini" tersebut. maka click tulisan itu. maka akan muncul kotak tabel pencarian.


  • Disini akan muncul kotak tabel pencarian. pergi ke desktop lewat kotak tabel pencarian tersebut.
  • Setelah itu bukalah folder Inno Setup yang sudah kamu extract tadi.

  • Disini click sekali files "Compil32" agar terblock biru.
  • Setelah itu click tombol "Open".
  • Maka Harusnya sekarang WindowsPhone milikmu bisa kebuka dengan Inno Setup.

Pengenalan Repack Setup Insert To Disk :
Jadi disini aku akan memberikan sedikit pengenalan pada files installer repack setup insert to disk ini. karena tentu saja mungkin bagi kamu agak sedikit membingungkan bagaimana cara mengeditnya kelak. ketika kamu ingin membuat installer game khusus GTA V misalnya. nah akan aku jelaskan disini sedikit-demi sedikit agar kamu paham.

1. Folder Graphic.
Folder Graphic ini merupakan tempat dimana wallpaper dari installer setupnya berada. tepatnya pada folder "Images". jadi didalam folder graphic ada folder images. nah didalam folder "images" inilah ada files gambar dengan format (*JPG). semuanya formatnya JPG. tapi yang bisa dipakai cuman gambar "Setup1" tersebut. 

Jika kamu ingin menggantinya. kamu dapat dengan mudah menggantinya dengan wallpaper game milikmu. tapi pastikan juga ukurannya sama. ukuran yang pas dipakai itu 800x448. lalu pastikan format gambarnya itu (*JPG) dan yang terakhir itu namanya disamakan. yaitu "Setup1". tanpa tanda petik dua ya. 

Oh iya. di folder "Graphic" ini juga kamu dapat mengganti icon dari setup installer nya. jadi iconnya berada didalam folder "Graphic". langsung saja pastekan icon yang kamu miliki tepat didalam folder "Graphic" nya saja. jangan di dalam folder "Images" atau folder "Tiles"

Kalau folder "Tiles" itu sebenarnya tidak bisa digunakan lagi. mengingat memang fiturnya sudah di off kan oleh si pengedit sebelumnya.. itu fitur halaman utama. cukup berat juga jika di aktifkan. dan aku juga tidak tau menahu bagaimana cara mengaktifkannya.

2. Folder Resource
Disini. tepat di folder resource ini. banyak sekali ada yang namanya files. mulai dari 7zip. Arc. Rar. itu semua merupakan compressor. bahkan DeCompressor juga ada. jadi jika 1 saja files tersebut hilang dari folder "Resource" maka mohon maaf sekali. kamu tidak akan bisa menyelesaikan compile/penggabungan seluruh files menjadi files setupnya. 

Disini juga kamu bisa mengganti files lagu-lagu nya. dengan cara mengubah nama files lagu yang  kamu sukai dengan nama "music" tanpa huruf kapital dan tanpa petik dua ya. Jika sudah maka delete/hapus files lagu yang masih ada di folder resource. jika sudah maka pastekan files lagu milikmu itu tepat didalam folder "Resource"

Oh iya. kamu juga bisa mengganti logo splash screen di awal sebelum installer setupnya muncul tersebut dengan splash screen milikmu. jadi ukuran splash screen yang pas itu 1000x300 dengan format PNG. dan jangan lupa nama splash screen mu harus diubah menjadi "splash" tanpa tanda petik dua juga ya.

3. Files Archives 
Disini ada files archives.ini. atau files Archives. files inilah yang menjadi ujung tombak. dimana tanpa files ini. kamu tidak dapat membuat fitur "Insert To Disk" pada program installer setupnya.
jadi dengan files archives yang satu inilah itu bisa terjadi.

Nah cara mengeditnya mudah. apakah kamu melihat gambar dibawah ini?
akan ada beberapa baris yang terlihat. oh iya. aku tidak memberitahu kamu sebelumnya. tapi. ada 3 baris kalimat yang didepannya berisi double garis miring. 

jadi jika ada garis miring tersebut. itu artinya 3 baris kalimat itu dinonaktifkan. akan tetapi tidak di hapus. kelak mungkin saja bisa berguna akan tetapi untuk sekarang masih belum.

4 baris kalimat diatasnya kamu melihatnya? itu tidak ada double garis miring didepannya.
nah lihat baik baik 4 baris kalimat yang tidak ada garis miring tersebut.




Apakah sudah?
sudah mengerti?
Jika sudah maka selamat. kamu sekarang bisa menambahkannya dengan mudah tanpa harus melihat tulisan ini lebih jauh. jika tidak maka akan aku jelaskan.

4 baris kalimat yang tidak ada double garis miring itu merupakan settingan untuk data1.bin dan data2.bin
di baris pertama pada kalimat pertama. itu berfungsi untuk memunculkan fitur "Insert To Disk" jika data1.bin tidak ada di area/tempat yang ada installer setup nya. misalnya. kamu menempatkan installer setup nya di desktop. lalu tidak ada data1.bin di desktop. maka ketika kamu menjalankan installer setupnya sampai pada tahap proses install. maka fungsi dari baris pertama pada kalimat pertama itulah yang akan muncul. yaitu setup installer meminta kamu untuk mencari data1.bin dan fungsi itu dinamakan "Insert To Disk". karena setup installer bingung tidak mengetahui dimana data1.bin nya.

Nah. Dibaris kedua pada kalimat kedua. itu berfungsi untuk memproses data1.bin dimana data1.bin berada didekat setup installernya. jadi baris pertama pada kalimat pertama itu untuk memunculkan pemberitahuan insert to disk jika data1.bin nya berada ditempat yang berbeda. entah itu didalam folder maupun dalam partisi/drive yang lain. jika baris kedua pada kalimat kedua ini. malah langsung memproses data1.bin yang berada didekat setup installernya. jadi setup installer tidak akan mengeluarkan perintah/pemberitahuan "Insert To Disk" ketika data1.bin berada didekat setup installer.

Bagaimana dengan baris ke ketiga pada kalimat ke ketiga? apakah sama? sama saja. karena baris ke tiga pada kalimat ke tiga dan baris keempat pada kalimat ke empat juga itu hasil copas dari baris satu pada kalimat ke satu dan baris dua pada kalimat ke dua.

karena baris ke tiga dan ke empat ini merupakan data2.bin. lihatlah baik-baik. disana aku ubah. yang harusnya data1.bin. aku mengubahnya menjadi data2.bin. yang harusnya "Please Insert Disk To Continue..." pada baris pertama pada kalimat pertama menjadi "Please Insert Disk 2 To Continue..." pada baris kedua pada kalimat kedua.

sudah mengerti?
jika kamu sudah mengerti maka kamu bisa membuat baris ke lima pada kalimat ke lima dan baris ke enam pada kalimat ke enam itu menjadi data3.bin. dan begitu seterusnya. tergantung sampai databin berapa yang kamu miliki.

Lalu disana kamu melihat angka (0, 50)  yang dikurung tersebut. kusus baris yang tidak double garis miring ya. karena sudah kukatakan. yang terkena double garis miring itu nonaktif. tidak dihitung.

jika kamu sudah melihatnya. secara tak sadar baris ke 2 dan baris ke 4 itu memiliki (0 ,50) tersebut. nah apakah fungsinya?? jadi itu fungsinya merupakan pembagian proses extraksi pada program databin yang ada.
jadi begini. angka default atau angka yang stabil itu 100. jadi angka 100 ini tidak boleh kurang. tidak boleh lebih. harus 100 pas. berapapun databin yang kamu buat (lebih dari satu ya konteksnya). kamu harus membagi 100 itu agar seluruh databin mendapatkannya. dan ketika kamu gabungkan lagi angka angka disetiap databin itu. dapat membentuk angka 100 pas.

jadi begini. aku membuat 6 databin. yaitu data1.bin. data2.bin. data3.bin. data4.bin. data5.bin dan data6.bin. nah pada ke 6 databin ini. aku akan membagi 100 tersebut menjadi angka yang kecil.

Contoh :
untuk data1.bin aku memberikannya (0, 20)
untuk data2.bin aku memberikannya (0, 20)
untuk data3.bin aku memberikannya (0, 15)
untuk data4.bin aku memberikannya (0, 15)
untuk data5.bin aku memberikannya (0, 15)
untuk data6.bin aku memberikannya (0, 15)

jika dijumlahkan semua totalnya menjadi 100. nah itulah yang aku katakan. bukanya satu satabin harus 100 dan satu databin lagi harus seratus. jadi intinya seberapa banyak databin tersebut maka pecah lah 100 itu menjadi angka kecil. dan tentunya ketika digabungkan lagi angka kecil itu didapat angka 100.

Lalu kenapa data1.bin dan data2.bin dapat 20? sedangkan sisanya 15?
jika sisanya diberikan 20 maka pada saat digabungkan kembali seluruh angkanya. maka tidak akan mendapat 100 pas. malah lebih. dan sebaliknya. jika kurang. maka angkanya tidak akan mendapatkan seratus pas juga malah kurang jadinya.

dan sebenarnya bisa dipindah angka 20 tersebut ke databin yang lainnya. dan databin yang lainnya yang angkanya 15 maka dibawa ke databin yang punya angka 20 tersebut. dan juga kamu bisa dengan mudah

Dan langkah terakhir. jika dirasa sudah benar semuanya (jangan sampai salah ya. jika salah kasihan klienmu malah installnya amburadul..malah jadi ISDoneError.dll) maka click menu "File" lalu click pilihan "Save"

4. WindowsPhone
WindowsPhone merupakan files yang dapat kamu gunakan untuk mengcompress atau mengcompile seluruh folder Graphic dan resource serta files archives juga. pasalnya dengan files ini kamu dapat mengubah informasi tentang nama game yang ada pada installer setupnya. size. letak dimana shortcut terinstall serta warna dari installer setup itu sendiri. jadi dengan files Windowsphone inilah. merupakan proses terakhir dimana seluruh folder dan files diatas yang aku sebutkan. digabungkan melalui windowsphone. 
bagaimana jika windowsphone ini hilang?
sia-sia saja. karena kamu tidak akan bisa mengcompile/menggabungkan files gambar/music bahkan wallpaper yang kamu ganti. kamu tidak akan bisa..




5. Folder Output
Folder ini merupakan tempat dimana files installer setup selesai dibuat. jadi jika kamu sudah membuild/mengkompile nya (menggabungkan seluruh files dan folder iitu menjadi satu) maka kamu bisa dengan mudah membuka folder yang satu ini untuk mengetest bagaimanakah tampilan dari installer setup yang sudah kamu modifikasi.

Nah mungkin itu saja pengenalannya. dan mungkin itu saja informasi yang aku berikan mengenaik Installer repack setup berisi insert to disk ini. memang ada beberapa installer repack setup berisi insert to disk. hanya saja UI yang mereka miliki (kebanyakan) tidak secatchy seperti installer dari corepack ini. itu kenapa aku hampir 10 hari berturut-turut mengedit files windowsphone sedemikian rupa agar mendapatkan fitur Insert To Disk Tersebut.

Dan aku sudah menyiapkan folder "Redists". redists bertujuan untuk menginstall beberapa komponen pendukung dalam bermain game. tentu ini akan sangat membantu jika tiba-tiba ketika ingin memasuki game. kamu diminta mencari mscvp101.dll (atau files dll apapun) yang hilang. maka redists inilah solusinya 

nah bagi kamu yang merasa terbantu. maka aku sangat berterimakasih sekali. akan tetapi bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat data1.bin/setup-1.bin/setup1.bin (sama saja ya sebenernya semua nama itu.) jika kamu membuat setup-1.bin/setup1.bin. tinggal kamu buka files archives tersebut. lalu ganti nama "data" pada "data1.bin" itu menjadi "setup". maka hasil akhirnya akan menjadi "setup1.bin" atau "Setup-1.bin". kamu juga harus mengganti nama dari files bin milikmu. yang awalnya data1.bin maka ganti menjadi setup1.bin atau setup-1.bin. itu saja. dan bagi kamu yang mengalami masalah lainnya (masih diseputar installer repack setup ini). kamu bisa berkomentar dibawah ini ya.

37 comments

  1. Ka mau nanya kalau saya mau buat setup game tanpa repack bagaimana ya ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama-tama kamu harus mendownload software FreeArc yang Dea berikan diatas. jika sudah maka install.
      yang kedua. silahkan pilih salah satu file/banyak file di select satu persatu/all juga boleh.. yang ingin di compress.
      jika sudah maka click kanan salah satu file tersebut dan pilih seperti gambar pada link dibawah ini :

      https://1.bp.blogspot.com/-RAb6nr1DSHI/XbBzLXGuveI/AAAAAAAAAng/MJdCbsfA--sLFI7vZq4Ct8Nu4NCtpYjEQCLcBGAsYHQ/s1600/1.png

      usahakan untuk selalu mengeclick "Add to Archive.." untuk melakukan mode compress..

      maka akan muncul seperti gambar pada url dibawah ini :

      https://1.bp.blogspot.com/-aMd22xT1HCU/XbBzLnHhjvI/AAAAAAAAAno/j5hzmHr6s3cxO96Hdjv1uAlePlutd0AWwCLcBGAsYHQ/s1600/2.png

      digambar tersebut. pilihlah menu "Compression" dan pilih type "No Compression: -m0"

      jika sudah kembali ke menu "Main". disana ada "Input Archives"
      isikan Nama file yang ingin dikompress tersebut pada kolom "Input Archives"

      https://1.bp.blogspot.com/-DzQGTBxvhiI/XbBzLrTgCvI/AAAAAAAAAnk/NY1aRSay6IEcFKt_8D6J8zc2RajCc36UwCLcBGAsYHQ/s1600/3.png

      Ingat. selalu menggunakan ekstensi/format file ".bin" tanpa tanda petik. pada "Input Archives"

      jika sudah maka click "OK".

      kalau "repack" itu mengompres ke size kecil dengan dipaksa. tentu GPU pada komputer/laptop kamu akan bekerja secara keras.

      Delete
    2. maaf ya ga bisa attach link.. :) ditulis aja linknya

      Delete
    3. Terimakasih ka infonya :)

      Delete
  2. Ka mohon bantuannya kalo saya pake setup DiskSpanning,DiskSliceSize dll untuk pembagian setup-1.bin sampai seterusnya, kenapa saat bagian install terakhir muncul "ERROR : This is not FreeArc archive or this archive is corrupt"

    😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu membuat selain setup-1.bin nya di inno setup apa di "Archives.ini" ?
      kalau di "Inno Setup" di scriptnya.. itu tidak perlu. tambahkan saja di script "Archives.ini". btw. file script "Archives.ini" itu notepad. itu sudah dea masukin di folder repack setupnya..
      itu engga nempel langsung ke script utama windows phone. jadi via notepad dari luar. tapi tentu harus di compile juga jika ada perubahan..

      tambahkan dibawah setelah Setup-1.bin nya.. jadi setup-2.bin. jadinya gini..

      if not ShowChangeDiskWindow ('Please Insert Disk To Continue...', ExpandConstant('{src}'),'setup-1.bin') then break;
      if not ISArcExtract ( 0, 50, ExpandConstant('{src}\setup-1.bin'), ExpandConstant('{app}'), '', false, '', ExpandConstant('{tmp}\arc.ini'), ExpandConstant('{app}'), False) then break;
      if not ShowChangeDiskWindow ('Please Insert Disk 2 To Continue...', ExpandConstant('{src}'),'setup-2.bin') then break;
      if not ISArcExtract ( 0, 50, ExpandConstant('{src}\setup-2.bin'), ExpandConstant('{app}'), '', false, '', ExpandConstant('{tmp}\arc.ini'), ExpandConstant('{app}'), False) then break;

      berurutan..dan pastikan nama file .bin nya itu sama seperti di "Archives.ini" misalnya di "Archives.ini" itu tulisannya setup-1.bin , maka ubahlah data1.bin menjadi setup-1.bin . dan seterusnya.. samakan di script "Archives.ini"

      untuk pembagian membuat setup-1.bin atau setup-2.bin biar dalam 1 folder tidak terpisah.. itu nanti akan dea jelaskan :). jadi systemnya itu seperti install game. secara utuh.. dimanapun folder utamanya. folder lainnya kaan mengikuti dan akan menempati sesuai dengan tempat dimana sudah disetting folder tersebut oleh si developer game.. jika foldernya berada diluar.. tentu gamennya bakal error karena tidak ada folder tersebut didalam folder data gamenya (maaf jika ini membuat kamu bingung)

      tapi untuk metode diskspanning,DiskSliceSize itu. sepertinya sudah otomatis ada pada scirtpnya. Dea memakai cara manual.

      Delete
    2. Saya buat setup di inno ka, menggunakan setup DiskSpanning dan DiskSliceSize, tadinya untuk tujuan file game bisa langsung ke split menjadi beberapa disk contoh : Setup-1.bin dan seterusnya, kalo pake setup di inno kan langsung otomatis terbagi menjadi beberapa Setup.bin sesuai size yang di tentukan, tapi setelah compile selesai dan saya menjalankan setupnya pada bagian instalasi terakhir ada ERROR, dan kalau menggunakan FreeArc saya belum tahu cara split folder game nya agar menjadi Setup-1.bin, Setup-2.bin dan seterusnya. Untuk archives saya sudah ganti dan edit ka, jadi intinya saya ingin tau cara membagi folder game menjadi beberapa .BIN tapi tanpa compress Datanya

      Delete
    3. Hehe. Itu tidak akan berhasil. Harus memakai freearc untuk membuatnya. Jika masih bingung. Dea sudah membuat video tutorialnya. Kamu bisa ikuti cara yang dea berikan. Ingat untuk membesarkan volumenya dan juga pilih resolusi paling bagus agar terlihat dan tergengar apa yang dea berikan.. Click Disini

      Jika masih ragu dan belum mengerti kamu bisa komen disini :)

      Delete
    4. Tenang saja.. FreeArc tidak sama seperti winrar/hjsplit yng mana pengguna/customer yang ingin membuka file yang bersangkutan harus menginstall software compress seperti diatas untuk bisa menjalankannya/menggabungkannya.. Customer yang tidak punya software FreeArc pun dapat menginstall gamenya. Karena pada setup sudah diberikan decompress file Arc.. Itu yang dea berikan caranya diatas. Tanpa no compression ya.. Ga ada proses mengkompressi sampai size datanya itu ketekan/flat jadi kecil.. NO!! Size datanya masih utuh. Hanya dibalut saja..

      Delete
    5. Oke ka terimakasih intinya harus manual ya

      Delete
    6. iya. harus manual.. Sama - Sama :)

      Delete
  3. Kak ,mau nanya apakah dengan FreeArc kita bisa lgsg membagi game menjadi beberapa file ".bin" dengan size sama ( misalkan se-size DVD-R yaitu 4,7GB) ,Apakah ada cara tertentu di FreeArc agar bisa membagi spt itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh tidak bisa, sampai saat ini masih belum ditemukan cara yang dapat mensplit file dengan size sama seperti winrar/7-zip.. kalau systemnya winrar itu dia itu membelah. jadi ada 1 file dan filenya itu dipecah lagi. yang mana jika ingin mengcompress harus menyatukan seluruh part tsb kedalam sebuah folder..

      bayangkan jika system tersebut diadopsi oleh FreeArc. mungkin kamu tidak akan dapat menggunakan cd/dvd..

      karena pada dasarnya file yang sudah terpecah harus disatukan kembali kedalam 1 folder yang sama..

      sedangkan kamu ingin menjual daganganmu/membuat sebuah installer dari cd/dvd.. sangat mustahil.. yang mana alih alih harus disatukan. kamu mau tidak mau harus mengganti cd/dvd tsb ke part 2. jadinya file hasil ekstrak yang pertama tidak akan bekerja..

      susah menjelaskannya karena kamu bisa melihatnya sendiri cara winrar yang sudah
      terpecah menjadi part1. part2. dan seterusnya... jika kamu gabungkan.
      pasti kamu mau tidak mau harus menyatukan semuanya kedalam 1 folder baru
      di ekstrak...

      https://www.youtube.com/watch?v=d_MR1I-4D_I&t=138s

      Delete
  4. Kak kan diatas baru dijelaskan membuat setup.exe nya, nah terus membuat file data1.bin /setup-1.binnya bijimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya kamu harus mengedit files" Archive.ini" terlebih dahulu.
      Disana ada Symbol "//" tanpa tanda petik. Itu merupakan line yang memang dinonaktifkan jadi memang jangan di hilangkan Symbol tersebut. Sebaliknya. Copy kalimat pada baris 1 dan 2. Lalu ubah Please Insert Disk 1 yang sudah di copy itu. ganti dan buatlah menjadi angka 2. Lalu nama setupnya ganti menjadi setup-2.bin. Dan seterusnya.
      Nah disana ada angka 50%. Itu menunjukan progressbar. Kamu dapat jumlahkan saja agar bisa menjadi 100% total keseluruhannya. Masing-masing dapat kamu beri asalkan total keseluruhannya tidak melebihi 100%.



      Jika sudah di setting. Barulah untuk membuat setup-1.bin dan seterusnya itu Dari FreeArc. Usahakan nama file bin yang dibuat sama dengan nama pada "Archives.ini". Karena otomatis ketika setup-2.bin tidak ada pada 1 room/folder yang sama. Maka akan ada pemberitahuan untuk mencarinya.

      Dan trik agar dapat membuat setup-1.bin dan seterusnya itu bisa kamu tonton pada Video <a href="https://youtu.be/d_MR1I-4D_I>INI</a> terlebih dahulu agar kamu paham bagaimana cara agar menjadi beberapa bagian. Karena system split otomatis seperti winrar itu memang tidak dapat digunakan pada FreeArc. System split winrar itu jika dipakai dan di burn dengan CD. Ditakutkan akan error. Karena itu System split data pada winrar dimana 1 files terbelah menjadi 2 keping. Jika metode dea sendiri itu memakai System cut data dimana ada 2 files. Akan tetapi satunya itu di potong (cut). Jadi 1 files yang dipotong itu masih utuh.

      Delete
  5. Replies
    1. it disk installer dan freearc

      Delete
    2. Untuk passwordnya :

      www.nandea96.com

      Tanpa spasi tanpa huruf besae

      Delete
    3. Ada video tutor cara penginstalan nya ? Di artikel saya kurang mengerti soalnya

      Delete
    4. Untuk cara Install ya sebenarnya dnagat mudah gan.

      1. Install Free Arc yang agan download tsb terlebih dahulu.
      2. Jika sudah maka buka/Extract lah ITDisk_Installer nya.
      3. Jika sudah maka bukalah file "WindowsPhone.Iss" tersebut dengan cara Click kanan lalu pilih "Open With". Disini pilih "Choose Another Program/App"
      4. Jika sudah. Maka Click sekali lagi "More Apps/Program". Nanti biasanya akan muncul tabel pencarian aplikasi.
      5. Disini pergi dan buka folder "Inno Setup 5" yang sudah dea sisipkan pada ITDisk_Installer tersebut.
      6. Pilih "Compil32"
      7. Jika sudah Click tombol "Open"

      Enjoy. Maka Windowsphone.iss bisa dimodifikasi.

      Untuk format video tata caranya dea tidak menyertakannya karena cara Installnya simple. Jika masih belum mengerti dibaca dan dipahami dulu.. 😉🙏

      Delete
    5. stuck sampai no 3, hanya ada open ga ada open with :D.

      windows 7 saya kak hehe

      Delete
    6. Tak ada open with?
      Heem aneh. biasanya file yang tidak dikenal pasti akan terlihat menu "Open With/Buka dengan.." pada context Menu. Entah win 10 dan win 7 itu memilikinya ketika mengeclick files dengan Click kanan.

      Jika di Click Open Apakah terlihat tabel pencarian aplikasi yng bersangkutan?

      Jika masih tidak bisa. Cara satu satunya buka files dengan nama "compil32" yang ada didalam folder Inno Setup 5 yang sudah dea berikan.. Jika sudah maka bukalah file "Windows Phone.iss" dari dalam Software "Compil32" yang sudah kamu buka tersebut (buka files dari dalam Software) dengan memilih "Open" menu

      Delete
    7. Thanks kak udah work , itu edit setupnya ya. Tutor cara buat file.bin trus dimasukan di kaset donk hehe contoh file 8gb insert disk 1 + 2 .

      Terimakasih kak cantik

      Delete
    8. Sama-sama mas ganteng
      Iya mas. Itu files editing setupnya. Nanti bisa di setting sesuai data game yang mas miliki.

      Untuk tutorial pembuatan file bin itu. Mas bisa ke link ini

      Delete
  6. Halo ka, Boleh bertanya

    ReplyDelete
  7. Apakah membuat file. .Bin nya di hjslipt bisa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa gan. karena pembentukan di hjsplit itu sama seperti Mode WinRAR.
      kalo agan nantinya kepengen masukin satu-satu filesnya itu kedalam DVD. nah caranya gimana gan? kan gabakal bisa kayak System FreeArc ini.

      meski agan bisa pecah semuanya di hjsplit. dan masukinnya tapi pada akhirnya untuk mengextract files hasil kompress HJsplit nantinya. kan butuh seluruh files dalam 1 folder yang sama secara realtime. gabisa ditunda dong buat nyari filesnya kayak system FreeArc ini. jatuhnya kayak WinRAR gan. malah harus komplete seluruh part/bagian ngumpul dalam 1 folder yang sama. kalo beda gabakal bisa ke extract. itu jeleknya + kalo agan make dvd ukuran 4.7 GB (minimal). emang muat gitu game ukuran 60 GB masuk kedalam 4.7 GB? kan engga. kalopun muat di potong potong via WinRAR ato HJSplit. itu harus standby seluruh part ngumpul jadi 1 baru bisa di extract. kalo engga kayak gitu kan error. jadinya agan harus nyiapin misalnya agan berhasil split jadi 10 part pada game yang pengen agan buat repack'an installernya pake WinRAR buat pecah atau HJSplit. maka agar tidak error saat proses penggabungan atau ekstraksi. ya mau tidak mau harus ada 10 DVD eksternal yang ketancep dilaptop/komputer nya agan itu baru tidak error. ya error juga sih jatuhnya. karena files WinRAR/HJsplit itu didalam drive yang beda jatuhnya. dan gabisa one install atau install satu persatu.

      kalo system FreeArc ini bisa ditunda gan. nantinya pas data2/setup2.bin ga ada dideket files Setup nya. maka setupnya akan bilang "Insert To Disk 2" atau disk 3 atau files data/setup.bin

      dan juga karena system bukan pecah files otomatis jatuhnya. tapi manual. jadi misalnya dea punya 1 folder game.
      nah didalam folder game ada 4 folder lagi. yaitu "graphic". "Audio". "Images" sama "Data".
      Nah dea mindahin files graphic sama images keluar terlebih dahulu lalu dea compress folder game ini. jadinya kan didalam folder game tersebut ada 2 folder. yaitu folder data ama audio.
      jika sudah selesai dea compress maka dea rename files hasil compressan tersebut menjadi "data1.bin".
      nah sekarang dea buat 1 folder diluar folder game tersebut dengan nama "sudah di extract". lalu dea pindahkan folder "data" ama folder "audio" ke dalam folder "Sudah extract" tersebut.
      nah sekarang pindahkan 2 folder yang dipindahkan keluar folder game tadi. yaitu folder "graphic" ama folder "images" ke dalam folder game.
      nah sekarang compress deh.
      kalo udah selesai compress maka buat nama nya jadi "data2.bin"
      selesai deh.

      cara nya simple. tapi kalo dijelasin belibet. tapi kalo agan udah tau. dea yakin agan gabakal nyari pelarian lain buat bikin extraksi deh :)

      Delete
  8. Oh iya kak jadi gk bisa yah. Terima kasih kak penjelasan.

    Dan saya mau tanya lgi kak. Saya dapet kendala eror saat sudah di burning menjadi 2 kaset

    Eror nya
    Uninstall\Dark.png
    Uninstall\Light.png
    Botva2.dll
    Uninstall\Setup1.jpg

    Tpi erornya berlaku saat sudah di burning 2disk, klo gk di burning gk ada eror. Trimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba re-compile ulang setupnya.
      pastikan juga files files yang error tersebut ada pada files datanya sblm di compile.

      Delete
    2. iya gan tidak bisa.karena HJsplit dan WinRAR itu tidak dapat di extract satu satu tanpa ada bagian filesnya yang dekat ama files yang ingin di extract jika sudah split files otomatis.

      Delete
  9. Sudah saya re compile kak masih tetap erornya itu terus.

    ReplyDelete
  10. Hjslipt system nya sama kayak winrar berarti ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya HJSPlit dan WinRAR untuk otomatis split itu sama gan. jadi files part nya harus dalam 1 tempat yang sama. kalo beda DVD misalnya. jatuhnya itu bakal error. karena agan mau ga mau harus nyabut DVD pertama buat ganti ke DVD kedua. karena DVD pertama tidak bisa membatalkan hasil ekstraksi

      kayak gimana agan burningnya?
      di DVD pertama ada file setup sama data1.bin
      di DVD kedua baru data2.bin
      di DVD ketiga baru data3.bin
      dan seterusnya.
      ga perlu pake file setup lagi ketika udah di DVD kedua dan seterusnya gan cukup di DVD pertama saja.

      apakah sudah spt itu?

      Delete