Cara Memasang VPN Dengan Mudah Dan Gratis Di Google Chrome

Cara Memasang VPN Dengan Mudah Dan Gratis Di Google Chrome



Hey semua aku disini. nah kali ini aku akan membagikan beberapa tutorial memasang sebuah VPN pada web browser yang kamu miliki. sebenarnnya apa sih itu VPN? vpn singkatan dari virtual private network yang mana vpn itu merupakan pihak ke 3 yang memberikan sebuah kemudahan bagi kamu untuk menyembunyikan Alamat IP asli dan menunjukan alamat IP palsu dari negara lain.. nah kamu tau bukan ada beberapa website website yang sudah di block oleh pemerintah indonesia. seperti reddit contohnya.

ya. jika kamu kangen dan ingin main main ke situs reddit lagi. kamu bisa. dengan menggunakan vpn. dan beberapa vpn mungkin harus didownload terlebih dahulu atau jika aku katakan. pada era 2014 - 2016 itu merupakan awal dimana kita menggunakan sebuah proxy. proxy ini biasanya kita dapatkan dan kita masukan kedalam web browser seperti google chrome atau mozilla firefox. dalam artian kita mencari ip dan port secara manual. dan jika kita ingin mematikannya tentu kita harus membuka setting terlebih dahulu dan mencari ip/proxy menu. stelah ketemu baru bisa menghapus port dan IP yang dimasukan sebelumnya. jadi tidak ada yang instan jaman dulu jika kita ingin pergi melihat lihat websie yang diblock oleh pemerintah. nah sekarang jaman sudah mulai berbeda. untuk menggunakan proxy/vpn. kamu bisa dengan mudah memasangnya pada web browser dan tentu tidak perlu mencopot jika sudah selesai menggunakannya

nah bagaimanakah cara memasang vpn tersebut pada Google Chrome? ikuti langkah langkahnya dibawah ini :


  • Jangan lupa untuk membuka google chrome
  • Jika sudah maka jangan lupa untuk membuka website INI pada google chrome (Perlu Di ingat. mencarinya harus menggunakan web browser google chrome. karena tempat pemasangannnya di google chrome)
  • Nah. jika sudah sampai. maka click tombol "Tambahkan Ke Chrome" yang aku tanda tersebut




  • Maka akan terlihat ada pop up pemberitahuan yang muncul seperti dibawah ini, lalu pilih "Add Extension/Tambahkan Ekstensi"



  • Nah Jika Sudah maka tunggu beberapa saat. ekstensi akan diunduh. setelah itu kamu akan dibawa ke tempat Selanjutnya seperti dibawah ini :




  • Untuk mengaktifkan VPN nya. tentu kamu harus mempunya akun dari pihak VPN tersebut/zenmate ini. jika kamu belum memilikinya. kamu harus mendaftarkannya pada kotak kolom yang aku tandai tersebut. Pastikan menggunakan "Email" yang benar memang milikmu.



  • Disini agak sedkit tricky. kamu tidak akan dapat mendaftarkannya jika passwordmu masih dalam status lemah. kamu diminta untuk memenuhi progressbar yang aku tandai tersebut. untuk membuat password disini. kamu setidaknya harus membuat passsword yang kuat tapi mudah di ingat.
    - Harus ada Huruf kapital Diawal 
    - Harus ada Nama karakter 5 huruf atau lebih
    - Harus ada  Angka
    - Harus ada Karakter unik seperti "( ) _ & ^ % $ +" (tanpa tanda petik ya) jadi seperti "putuokaken_9678" (tanpa tanda petik)


  • Jika sudah maka tidak lupa untuk menekan tombol "Sign Up Free " Tersebut. dan tunggu beberapa saat. maka kamu akan dibawa kehalaman landing page/dashboard akunmu.




  • Nah sampai disini sebenarnya sudah selesai. dan disana tepat pada pojok kanan akan ada logo Zenmate tersebut. yang sudah ditandai dengan warna hijau yang menandakan VPN nya sudah aktif.




  • Click logo zenmate tersebut. jika kamu ingin menonaktifkan zenmate/mematikan VPNnya kamu dapat mengeclick tombol yang semulanya "ON" yang aku tandai tersebut. akan menjadi "OFF" jika kamu click tombol tersebut. dan untuk mengganti IP address tersebut. kamu dapat mengeclick yang sudah aku tandai berwarna orange tersebut. dan akan muncul menu seperti dibawah ini 




  • Untuk Saat ini Kamu hanya akan mendapatkan 4 IP dari beberapa negara yang aktif.. tentu itu juga sudah lumayan :). untuk sekelas vpn gratisan. nah jika kamu ingin membuka semua IP negara yang ada. kamu dapat berlangganan di Zenmate perbulan. jika tidak. cukup menggunakan versi Free Saja.


Apakah Memakai VPN aman? tidak terlalu. tapi jika kamu ingin. tentu boleh saja dan mungkin advice/nasehat dari aku . jangan sering sering menggunakan VPN. kenapa? 1. biasanya website yang diblock oleh pemerintah memiliki tingkat malware yang tinggi. dan yang ke.2 itu akan dapat membebankan bandwithmu. nah jika bandwithmu terbebani. mau tak mau pihak provider akan melakukan system pemberian/penambahan bandwith padamu. dan mau tak mau mereka dapat mengurangi bandwith pelanggan lainnya. nah dan inilah yang sering dkeluhkan oleh planggan lainnya kenapa tempatnya tiba tiba koneksi internetnya anjlok meski tidak menggunakan VPN. ya. jadi dipaksa. dan biasanya berujung penambahan bandwith tidak terlapor. dan berujung kamu membayar internet bulanan lebih besar dari yang seharusnya. itulah kelemahan VPN.