Cara Mengetahui Ciri-Ciri SSD/HDD Yang Mulai Rusak Dan Harus DIGANTI!!


Terkadang kita sebagai pemilik laptop/komputer sangat dibuat khawatir akan adanya kesalahan system maupun beberapa error dan bahkan berujung Harddisk Rusak dan tak dapat digunakan kembali. banyak penyebab itu semua dan mungkin beberapa diantaranya memang karena tidak adanya inisiatif untuk mendinginkan jeroan yang dimiliki oleh laptop/komputer. sebisa mungkin kamu dapat menggunakan yang namanya cooling entah itu dari kipas maupun AC Ruangan dan terlebih jika itu laptop. gunakan Table Cooling yang kinerjanya sangat amat baik. 

Karena ternyata bukan hanya GPU saja yang dapat panas. Harddisk pun selama 24 jam pemakaian dapat panas juga. dan tentunya untuk menurukan suhu tersebut diperlukan udara yang terus-menerus stabil diruangan.

Nah dibawah ini dea akan memberikan sebuah ciri-ciri bagaimana SSD maupun HDD Sudah Mulai Rusak :

1. HDD Atau SSD Yang Terlalu Panas Meski Dalam Status Mode Idle.

  • Mode Idle atau mode diam. dimana mode ini kamu tidak melakukan apapun. entah itu browsing. multitasking. mode ini hanya mode diam pada desktop saja. nah jika HDD/SSD milikmu dan kamu tak sengaja menyentuhnya pada laptop/komputer yang kamu miliki. dan terasa panas. maka kamu dapat mendiagnosa bahwa Harddisk/ Solid State Drive yang kamu miliki sudah tidak sehat lagi.

2. Sering BlackScreen Atau BlueScreen Atau Menuju Ke Menu Recovery

  • Seringnya BlackScreen Atau BlueScreen juga berpengaruh. dikarenakan ketika HDD/SSD sudah mulai rusak. maka laptop/komputer yang kamu miliki akan terasa begitu berat dijalankan. bukan lemot. akan tetapi ter-stuck/macet. dan setelah itu laptop/komputer milikmu menjadi BlueScreen/BalckScreen setelahnya. dan jika itu dibiarkan. takutnya semua komponen yang ada disekitar HDD/SSD milikmu akan hancur juga.
  • Terkadang ketika kamu membuka laptop/komputer milikmu. belum ada beberapa menit. kamu akan dibawa masuk ke menu recovery. dan setiap kamu ingin melakukan tahap recovery. maka prosesnya akan sangat lamaa sekali.

3. Files Tidak Bisa Di Read/Write

  • Ketika kamu ingin mengkopy sebuah files pada salah satu folder. hal yang akan terlihat ialah proses pemindahan/penulisan ulang bahkan membuka files tersebut sangat amat lama sekali. dan terkadang ketika memindahkannya baru 1 persen saja tiba-tiba proses pemindahan files/pengkopyan files menjadi macet total. 

4. Drive Dapat Di Read Akan Tetapi Tidak Bisa Di Write

  • Pada Proses ini. HDD/SSD milikmu dapat membuka Drive. akan tetapi kamu tidak dapat mengkopy/memindahkan files dari luar kedalam drive tersebut dan waktu tersebut tidaklah lama. dan setiap beberapa menit akan terjadi macet dan crash.

5. Adanya Blackscreen Di Isi Dengan Tulisan Bootmgr is Missing

  • ketika sebuah kata ini muncul didalam layar yang hitam. maka dipastikan ada 2 kemungkinan. antara kamu belum menginstall windows atau Harddisk/Solid State Drive milikmu yang sudah mulai rusak. sebenarnya ada beberapa tutorial bagaimana cara menghilangkannya. akan tetapi ketika kamu sudah menjalankan berbagai macam cara dan terus saja diarahkan ke tempat ini. maka dipastikan HDD/SSD milikmu sudah rusak.

Nah sebenarnya cara yang paling simple yang dapat kita gunakan untuk mengetahui ciri-ciri dari Harddisk maupun SSD yang sudah mulai rusak ialah. yaitu menggunakan software dari Harddisk Sentinel (Download softwarenya Disini). nah software Harddisk Sentinel ini memberikan sebuah fitur. dimana kita dapat melihat kesehatan Harddisk yang kita miliki. dan fitur tersebut sangat amat berguna bagi kamu tentunya. dengan fitur tersebut kamu dapat mengetahui seberapa besar kesehatan harddisk yang kamu miliki. dan fitur ini juga melihat seberapa besar tingkat temperature harddisk milikmu. jadi jika kamu merasa harddisk/ssd yang kamu miliki tersebut tidak pernah kamu otak-atik dan kamu pakai untuk bermain game/browsing selama berhari-hari penuh. maka itu dipastikan dari temperature harddisk/ssd itu sendiri.

Gambaran Dari Software Harddisk Sentinel

kamu bisa melihat temperature harddisk milikmu dengan mudah. dengan begitu kamu dapat mengurangi suhu panas yang ada disekitar dan mencegah hal tersebut terulang kembali. bukan hanya itu. jangan buat laptop/komputer dalam posisi mode standby terus menerus alias kamu tidak menggunakan mode sleep. laptop/komputer sangat amat krusial sekali. jika kamu tidak menggunakan mode sleep dan hanya menggunakan mode standby saja. maka harddisk/ssd akan rusak lebih cepat.