Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menginstall Ulang Laptop/Komputer

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menginstall Ulang Laptop/Komputer

 
Mungkin terkadang kamu yang sebagai orang awam tidak akan mengerti apa yang harus dilakukan sebelum melakukan install ulang. jika melakukan sedikti kesalahan maka akibatnya bisa sangat fatal sekali.

Nah ada baiknya kamu dapat mengikuti tips yang aku berikan dibawah ini agar kamu dapat terhindarkan dari hal yang merugikan nantinya.

1. Pastikan Architecture File Install Ulang Sama Dengan Architecture Laptop/Komputer
  • Architecture atau bit pada laptop/komputer atau biasa yang disebut dengan Bit pada windows yang di install. 
  • Nah jadi pastikan kamu telah mendownload versi bit yang sesuai dengan bit pada laptop/komputer milikmu. agar laptop/komputer milikmu dapat bekerja.. 

2. Pastikan Type Bootable Sesuai Dengan Format Type Laptop/Komputer
  • Ini juga penting. Agar files Data D: tak di hapus karena hanya berbeda format dengan bootable flashdisk yang kamu miliki. Maka kamu harus menyamakan format type bootable yang akan kamu buat. Ada 2. Yaitu GPT dan MBR. nah cara check itu GPT Atau MBR  adalah. kamu bisa buka kotak tabel cmd. Lalu tuliskan "Diskpart" Pada kotak tabel tersebut. jika udah maka tekan enter. Nanti akan muncul kotak tabel UAC atau pemberitahuan. Disini click tombol "Yes". Nah sekarang kamu ketikan lagi di kotak tabel cmd diskpart itu..ketik " List Disk"
  • Setelah itu tekan enter. Nah sekarang akan muncul list disk nya. Disini kamu tinggal melihatnya di kolom "GPT" Ada symbol bintang apa tidak. jika ada berarti format windows kamu memang GPT jika tidak berarti format windows milikmu ialah MBR.

3. Pahami seluk Beluk BIOS
  • Beberapa system bios penempatannya berbeda-beda. tidak semua UI atau User Interface BIOS sama. Ada yang simple dan ada juga yang rumit. Jadi pahami terlebih dahulu mana yang harus di pencet dan di settings untuk keperluan install ulang kamu nanti. setidaknua jika kamu sudah mengetahuinya sekarang. kamu dapat dengan mudah menginstall ulang untuk yang kedua kalinya.
4. Backup Driver
  • Backup lah driver milikmu jika laptop tersebut masih bisa kamu akses ke menu desktop. jika tidak dan selalu blackscreen ataupun bluescreen. maka saran dari aku ialah. biarkan saja dan langsung saja gunakan softwar epencari driver. kamu bisa mencoba ini.

5. Persiapkan Aplikasi/Software Penting 
  • Kamu setidaknya harus menyiapkan software yang penting pada laptop/komputer milikmukamu dapat mendownload kebutuhan software yang memang kamu butuh di website nesabamedia. Entah itu software untuk mengetik. Browsing. Media Player. software compress/decompress seperti WinRAR atau PowerISO. Desain dan sebagainya.. jadi tentu saja itu merupakan suatu hal yang penting.

Nah segitu saja tips dari aku . mungkin masih banyak lagi tips diluar sana yang sangat bermanfaat sebelum install ulang.