Salah Satu System Pada One Piece Yang Tidak Dimiliki Oleh Manga/Anime Lain

Salah Satu System Pada One Piece Yang Tidak Dimiliki Oleh Manga/Anime Lain

Kita tau bahwa pada sesi ini one piece sendiri menduduki puncak paling pertama dalam pembuatan manga/anime yang paling banyak ditonton dan menjadi masterpiece yang luar biasa. kita tau bahwa one piece sendiri dibuat oleh sang mangaka yang sudah dikenal hampir seluruh fans One Piece di seluruh dunia. yaitu Eichiro Oda.

Nah kali ini aku tidak membahas tentang latar belakang Sang Mangaka. melainkan aku akan membahas seberapa detil dari system yang disematkan oleh mangaka yang sering kita remehkan. nah apakah itu? langsung saja tanpa basa-basi guys.

1. Adanya System Perjalanan Sebuah Karakter Dari CoverPage


  • Kita tau bahwa akhir-akhir ini Oda sering membuat sebuah coverpage yang setiap chapter selanjutnya itu saling terhubung satu sama lain. misalnya coverpage 1038. 1039 dimana terlihat niji dan yonji. ini bukanlah suatu kebetulan atau coverpage iseng hasil request OPLover. melainkan sebuah cerita perjalanan anak-anak Vinsmoke Judge setelah berhasil membantu luffy keluar dari Whole Cake Island.
  • Nah sebelum coverpage ini ditunjukan. beberapa waktu lalu terlihat perjalanan caribou kenapa ia bisa sampai di penjara Udon. dan juga jauh sebelum itu terlihat bartolomeo membakar jolly roger Bajak Laut rambut merah dan menggantinya dengan Bajak Laut Topi Jerami. jadi maksud aku ialah. system ini sendiri mengambarkan sebuah kondisi dari karakter yang berada diluar frame secara realtime ketika frame sedang berada di tempat utama.
  • Biasanya tidak semua frame saling berkatian seperti ini. Ciri-ciri coverpage tersebut akan berhubungan pada chapter canon ialah dimana Oda akan menggambar Coverpage perjalanan suatu tokoh yang jauh diluar frame saat ini itu lebih dari 2x. jadi tentu saja dibeberapa karakter penting biasanya akan terlihat di coverpage. tapi ada juga yang hanya dua kali bahkan sekali saja dimunculkan. itu biasanya sang tokoh tersebut banyak di request oleh OPLovers. tentu OPLovers sangat polos. mereka hanya ingin mengetahui bagaimana keadaan sang tokoh tersebut setelah tidak terdengar kabarnya lagi. lalu tentunya oda pasti akan membuat coverpagenya untuk menghilangkan rasa dahaga OPLovers

2. Adanya System News Co (Koran Dari Surat Kabar Burung)


  • System ini juga sangat amat bagus sekali. ini sudah masuk kedalam chapter itu sendiri. ini layaknya seperti sebuah berita teraktual dan terupdate pada hari itu dan waktu itu dibumi bagian lainnya dengan apa yang terjadi sesuai yang diberitakan pada koran News Co. tersebut.
  • Contoh kasusnya ialah pada koran News Co terlihat BALTIGO Pusat Utama Pangkalan Pasukan Revolusi diketahui oleh khalayak umum (Seluruh Dunia).
  • Lalu Pada Koran News Co juga pernah dikatakan bahwa. terjadi perang pembalasan dendam (Reverse War) dari sisa-sisa pasukan Bajak Laut Salah Satu Kaisar Laut Kumis Putih melawan seluruh kru dari Kaisar laut Janggut Hitam. Dan waktu terjadinya peperangan balas dendam itu sebelum timeskip. dimana luffy masih berlatih bersama rayleigh tentang Haki selama 2 Tahun.

3. Adanya System Denden Mushi.


  • Jadi setiap denden mushi itu berbeda ternyata. kamu dapat melakukan make over pada denden mushi milikmu. Den-Den Mushi merupakan sebuah siput biasa yang biasanya ditemukan di hutan-hutan atau tempat dimana mereka tinggal. karena di One Piece sendiri siput jenis ini memiliki sebuah gelombang radio. maka mereka dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai telepon (satu arah). seiring perkembangan zaman. denden mushi dibuat lebih canggih. bahkan beberapa type denden mushi dapat memutus jalur komunikasi agar tidak disadap. bisa dikatakan jalur komunikasi tersebut lebih aman dari biasanya. ada juga denden mushi kamera CCTV dan denden mushi layar tancap besar. biasanya digunakan untuk melihat siaran langsung dari tempat kejadian.

4. Adanya System Vivre Card

  • Meski masih jadi perdebatan bagaimana kertas yang satu ini dibuat. akan tetapi yang jelas kertas ini sangat amat banyak manfaatnya. tidak hanya dari naruto atau boruto saja yang mengetahui musuh atau teman dari pengenalan chakranya (ninja sensor). namun di One Piece system ini sudah jauh lebih dulu ada sebelum system di naruto mengaplikasikannya melewati chakra.
  • Vivre Card ini merupakan sebuah kertas layaknya kompas. jadi jika ingin mengetahui dimana orang yang memiliki vivre card tersebut berada. maka kamu sebagai seseorang yang kelak ingin mengunjungi orang itu. tinggal kamu ikuti saja arah vivre card tersebut berada. maka kamu akan menemukan tempat dimana seseorang yang kamu cari berada.
  • Vivre Card juga dapat mengetahui sebuah kondisi si pemilik. entah mereka dalam bahaya atau mereka akan meninggal dalam waktu dekat. itu dapat dilihat ketika vivre card yang kamu minta sedikit dari orang tersebut mulai perlahan demi perlahan terbakar. 

Nah itulah mungkin system di One Piece yang memang tidak ada pada anime/manga lainnya. dan itu kenapa Oda dapat membuat sebuah karakter yang jauuh sekali diluar frame bisa ikut nimbrung. dan tentunya dengan 4 system yang aku berikan sudah cukup membawa karakter yang dari jauh bisa masuk kedalam frame utama dimana luffy DKK berada.