Cara Mengatasi Pembullyan Disekolah

Cara Mengatasi Pembullyan Disekolah


Bully. Sebuah tindakan yang sangat negatif yang dilakukan oleh sekelompok orang kepada salah satu orang. Bully bisa bermacam-macam. Ada yang hannya sekedar mengejek hingga sampai melakukan kekerasan seperti memukul.

Bully bisa ada karena sebuah iri hati. Benci. Si pembully berasal dari keluarga broken home/rumah yang tidak baik-baik saja. Atau memang didalam rumahnya dia anak yang baik. Tapi disekolah ketika dia memiliki sebuah kekuasaan. Ia bisa melakukan pembullyan. Entah itu memalak anak lain. Atau melakukan kekerasan atau sekedar mengontrol sebagian orang lalu membuat mereka menjadi senjatanya dan mulai bersama-sama mengejek orang yang dibully. 

Nah sebenarnya bully sendiri dapat diatasi.  Karena dijaman sekarang harusnya para pembully tersebut tidak ada atau seharusnya tidak pernah ada lagi. 

Nah bagaimanakah tips atau cara untuk mengatasi para pembully tersebut? Langsung saja tanpa basa-basi ke topik utamanya :

1. Melawan Bos Si Pembully 
  • Yes. Setiap ada sekelompok pembully pasti ada bos. Nah jika kamu bisa. Maka lawanlah bosnya. Jika bos pembully ini tumbang maka seketika kelompok atau anggota pembully itu akan berpikir panjang untuk melawanmu. Cara ini memang hanya digunakam oleh sebagian orang yang memilki background beladiri. 

2. Mencari Teman Yang Memenuhi Spesifikasi Untuk Melawan Si Pembully
  • Begini. Jika kamu ingin melawan si pembully atau si pembully ini harus diberi pelajaran. Maka kamu harus meminta tolong kepada seseorang yang setara atau lebih hebat dari si pembully yang dapat kamu ajak sebagai teman/partner. Dan orang itu tentunya bukan kubu dari si pembully. Atau bukan kubumu.. Setidaknya ia bukan kubu si pembully. 

3. Bersikap Apatis atau Bodo Amat
  • Jika kamu sering dibully hanya karena kamu berbeda dari yang lain. Dan hanya diejek saja. Lakukanlah sikap bodo amat. Pada saat kamu diejek lakukanlah sifat bodo amat. Jangan mau menoleh kearah si pengejek jika kamu dipanggil menggunakan kata yang menurutmu tidak kamu sukai. Bahkan kamu dipukul. Hiraukan saja dan stay bongol (budeg) dan jangan melawan (lakukan ketika kamu sedang berbicara kepada temanmu). Hingga si pengejek menyebut nama aslimu dan diam. Maka barulah kamu dapat menolehnya dan menyapanya. Lakukan itu sesering mungkin sehingga ia sadar bahwa apa yang ia lakukan dengan mengejekmu merupakan suatu kesalahan. Tidak dianggap itu menyakitkan loh.

4. Merekam Kejadian Yang Dilakukan Pembully
  • Jika kamu tidak memiliki power. Tenang. Ada yang namanya "People Power". People power ini dapat kamu gunakan dan ini gratis. Caranya cukup mudah. 
  • Kamu hanya perlu memiliki smartphone atau hape lalu rekam kejadian demi kejadian kamu dibully tersebut (tempatkan kamera di tempat tersembunyi. Lalu share keseluruh grup sekolah. grup guru. Social media (memberikan video ini ke pihak media besar seperti tribun/kompas) Ataupun grup ibu ibu pkk sekalian. 
  • Dan tentu temanmu support dari teman yang kamu percaya dibutuhkan disini. meski ia tidak bisa melawan juga. tapi ia harus tau timing yang tepat bagaimana cara merekam kejadian tersebut. SEANDAINYA kamu tiada (Meninggal) karena kekerasan yang dilakukan oleh si pembully. setidaknya ada sebuah BUKTI kuat yang bisa diberikan oleh pihak kepolisian terkait. atau jika kamu tidak sampai terbunuh atau tiada. setidaknya masih ada bukti yang bisa di share agar si pembully jera.

5. Pindah Sekolah
  • Cara yang kelima ini memang dapat kamu terapkan. akan tetapi tidak semua siswa dapat melakukan cara ini. kamu dapat merekam kejadian yang kamu alami disekolah lalu melaporkan kepada orangtua mu atas apa yang kamu alami. 
  • Jika orang tuamu berkata itu tidak mungkin terjadi. maka lakukan langkah no. 4. biarkan masyarakat yang menilai tindakan tersebut.

Nah segitu saja apa yang aku tau mengenai cara mengatasi pembullyan disekolah. terkadang para orang tua terlalu meremehkan apa yang dialami sang anak disekolah.  biasanya mereka akan dikatai "LEMAH" dan "PENGECUT" oleh orang tua mereka karena ingin pindah sekolah hanya karena tidak bisa melawan si pembully. mereka mengira ketahanan fisik/kekuatan/pengalaman bertarung dan mental anaknya itu sama dengan anak yang membully tersebut. orangtua yang seperti itu terkadang sudah tidak memiliki dukungan lagi terhadapmu. mereka akan memaksamu hal yang MUSTAHIL kamu lakukan yang bahkan ia tidak tau hal itu ada dalam dirimu. dan tentunya mereka tidak mengetahui beberapa dampak besar yang ditimbulkan dari seorang pembully di masa depan. 

Nah cara satu-satunya yang mungkin dapat kamu gunakan ketika ke 4 cara diatas sudah tidak dapat bekerja lagi. Jika kamu tidak kuat dan tidak tahan. maka jangan pergi kesekolah dan berdiam dirilah dirumah. jika kamu tau bahwa kamu bukanlah orang yang berada. alias orang yang tidak berada. maka cara satu-satunya ialah. setelah sepulang sekolah. carilah sebuah bisnis/pekerjaan. seperti mencari kangkung atau sayur mayur di sawah dan menjualnya dipasar. membuat kerajinan tangan dan menjualnya disekolah atau di tempat-tempat banyak orangnya. entah itu sendirian maupun bersama teman yang mengalami pembullyan denganmu. 

Jangan patah semangat hingga ingin melakukan hal yang sama seperti si pembully atau melakukan bunuh diri. itu tidak ada gunanya. meski tidak ada yang mempercayaimu didunia ini. yakinlah bahwa Tuhan beserta para malaikatNya dan para arkaNya selalu melihatmu dan melindungimu serta memberikan sebuah arahan atau petunjuk yang bisa menuntun kamu ke sebuah posisi dimana kamu tidak akan merasakan kesepian maupun kesedihan yang mendalam lagi.